TRY OUT SMP 2013




1.         Perhatikan pernyataan berikut!
1.       Lumba-lumba secara periodik naik ke permukaan
2.       Ayam betina  bertelur setiap pagi hari
3.       Tanaman putri malu menutup daunnya ketika di sentuh
4.       Ikan air asin mengeluarkan urine yang pekat
Berdasarkan pernyataan tersebut yang menunjukkan  ciri  iritabilita adalah....
A.  1              B. 2         C. 3         D. 4

2.         Perhatikan ciri-ciri berikut!
1.       Jumlah stomata banyak
2.       Memiliki daun yang lebar
3.       Lingkungan dengan kandungan air di udara tinggi
         Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri seperti ditunjukkan di atas adalah....
A.  Tropofit
B.   Xerofit
C.   Hidrofit
D.  Higrofit

3.         Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut!

Dampak langsung yang terjadi jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para petani adalah... .
A.      populasi padi meningkat, elang menurun
B.      populasi burung cenderung menurun, padi meningkat
C.      populasi ular meningkat, populasi burung menurun
D.      populasi elang cenderung meningkat, populasi ular menurun

4.      Bentuk simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh...
A.        Interaksi antara benalu dengan tanaman inang
B.        Kehidupan bersama antara ikan remora dengan ikan hiu
C.        Pola kehidupan antara jamur dengan bakteri patogen
D.        Hubungan antara kupu-kupu dengan tanaman berbunga

5.     Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah   perkotaan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara adalah...
A.    membatasi penggunaan kendaraan bermotor
B.    menutup pabrik yang tidak bercerobong asap
C.    menanam pohon dipinggir jalan untuk jalur hijau
D.    membuat undang-undang anti pencemaran

6.      Grafik yang menunjukkan pengaruh dari pertumbuhan penduduk terhadap kualitas        lingkungan di daerah perkotaan padat. X : waktu Y : jumlah CO2 di udara

7.    Perhatikan gambar berikut!

           Urutan peredaran darah besar yang benar seperti pada gambar di atas adalah ….
A.        2 – 7 – 6 – 8 – 3
B.        1 – 2 – 7 – 6 – 8
C.        3 – 4 – 3 – 9 – 10
D.        4 – 9 – 5 – 10 – 1

8.        Perhatikan gambar berikut!
 
Zat yang dihasilkan oleh bagian nomer 5 memiliki fungsi....
A.  Mengendapkan protein pada kasein
B.   mengasamkan cairan dalam lambung
C.   menghancurkan partikel-partikel lemak
D.  mengaktifkan pepsinigen menjadi pepsin

9.    Salah satu ciri makhluk hidup yang berfungsi untuk mencegah kepunahan adalah ...
A. bernafas               C. bergerak
B. tumbuh                 D. Berkembang biak

10.       Perhatikan tabel berikut!

No
Enzim
Organ penghasil
Fungsi
1
Ptialin
Mulut
Mengubah amilum menjadi maltosa
2
Renin
Lambung
Menggumpalkan kasein susu
3
Tripsin
Pankreas
Merombak lemak menjadi asam lemak dan gliserol
4
Pepsin
Usus halus
Mencerna protein menjadi pepton
Pernyataan yang benar adalah....
A.     1 dan 2                        C. 2 dan 3
B.     1 dan 3                        D. 2 dan 4

11.  Pada bagian rongga hidung, udara yang masuk akan mengalami...
A.     penyesuaian suhu, pertukaran gas, penyaringan
B.     pemisahan, penekanan, pengaturan kelembaban
C.     penambahan gas, pengikatan, penyaringan
D.     penyaringan, pengaturan kelembaban dan suhu

12.    Perhatikan gambar berikut!

Kekurangan sel darah seperti ditunjuk oleh gambar berakibat….
A.     Badan lemah, pucat, kurang tenaga
B.     Darah sukar sekali membeku
C.     Tekanan darah meningkat
D.     Daya kekebalan tubuh menurun

13. Perhatikan gambar

 Peran dari sel darah pada gambar adalah…..
A.     Memberikan daya tahan tubuh terhadap serangan benda asing
B.     Dalam jumlah banyak akan  berakibat pada  hemofilia
C.     Mengangkut sari makanan yang terlarut dalam darah
D.     Menjaga agar darah  mengalami pembekuan saat luka

14.     Perhatikan gambar berikut 
 
Bagian ginjal yang berfungsi untuk  menyaring (filtrasi) darah ditunjukkan oleh nomor ...
A.     1                                    C. 3
B.     2                                    D. 4

15.     Perhatikan gambar nefron berikut!


Pada bagian nomer 5 terjadi proses ....
A.     Pembentukan urine primer hasil augmentasi
B.     Reabsorbsi urine primer oleh tubulus distal
C.     Augmentasi yang dihasilkan urine sebenarnya
D.     Filtrasi terhadap darah yang berasal dari arteri

16.    Perhatikan gambar berikut!

         Bagian yang ditunjuk oleh nomer 3 berfungsi...
A.     menghasilkan cairan bersifat basa
B.     memproduksi spermatozoa
C.     menghasilkan cairan mukosa
D.     menyalurkan sperma dari testis ke penis

17.   Perhatikan gambar penampang batang berikut!

Bagian yang bertanda “X” berfungsi sebagai ….
A. mengangkut hasil fotosintesis             
B. daerah penyimpanan hasil fotosintesis
C. mengangkut air dan garam-garam mineral     
D. tempat pertukaran udara di dalam sel

18. Dalam percobaan di peroleh data, kecambah di tempat terkena cahaya batangnya lebih pendek dan daunnya lebih hijau daripada kecambah di tempat tidak terkena cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya……
A.  menguntungkan bagi daun dan merugikan bagi batang
B.  tidak diperlukan untuk  pertumbuhan batang
C  mempengaruhi pertumbuhan batang dan daun
E.      menghambat pertumbuhan batang

19.   Perhatikan gambar!

        Pada gambar di atas nomer 3 memiliki fungsi...
A.        Tempat perkembangan janin
B.         Memproduksi sel telur
C.         Tempat terjadinya pembuahan
D.        Tempat masukknya sel sperma dari individu jantan

20. Salah satu teknologi reproduksi vegetatif yaitu dengan cara menumbuhkembangkan inti (nukleus) dari sel tubuh (somatis) ke dalam sel telur yang telah diambil intinya, kemudian sel telur yang sudah mengandung inti diploid dari inti sel somatis ditanam pada dinding rahim. Teknologi reproduksi tersebut adalah……
         A.  teknik plasmid  C. hibridoma       B. cloning                D. kultur sel

21.   Berikut ini merupakan contoh adaptasi :
  1. semut memiliki tipe mulut penggigit
  2. melebar dan menyempitnya pupil mata karena intensitas cahaya
  3. paus muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen
  4. herbivor memiliki enzim selulosa untuk mencerna daun
  5. urin ikan air laut lebih pekat daripada urin ikian air tawar
  6. kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
         Yang merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah……
         A.  1, 2, 3                     C.  1, 3, 5              B.  2, 4, 5             D.  4, 5, 6

22.  Gerak biasa yang terjadi pada manusia dimungkinkan karena adanya ... .
  1. efektor                
  2. rangsangan        
  3. saraf (motoris)   
  4. saraf sensoris  
  5. pusat (otak)
  6. reseptor
         Urutan jalannya rangsangan pada gerak biasa yang benar adalah ... .
A.      1 - 2 - 4 - 5 - 3 – 6              
B.      3 - 2 - 1 - 4 - 5 - 6
C.      2 - 6 - 4 - 5 - 3 - 1                               
D.      4 - 2 - 5 - 3 - 6 – 1

23.  Di bawah ini merupakan pernyataan yang berkaiatan dengan sistem peredaran darah ganda, kecuali ... .
A.     darah mengalir melalui jantung sebanyak dua kali
B.     peredaran darah besar, darah mengalir dari jantung ke seleuruh tubuh dan kembali ke jantung
 C.    peredaran darah kecil, darah mengalir dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung
D.     paru-paru merupakan organ sistem peredaran darah yang berdiri sendiri

24. Bunga merah (MM) disilangkan dengan bunga putih (mm), dimana sifat merah adalah dominan tidak penuh terhadap putih, maka bagaimana perbandingan fenotif F2 ...
A.   1 : 2 : 1               C. 1 : 1       B.       3 : 1              D. 1 : 3

25.  Di bawah ini bukan merupakan ciri dikotil, yaitu ... .
A.      bijinya berkeping dua                   
B.      batang umumnya bercabang
C.      akarnya serabut                              
D.      bagian bunganya berjumlah 4, 5 atau kelipatannya

26. Tujuan pengelompokkan makhluk hidup adalah ... .
A.  untuk memudahkan, mempelajari dan menyederhanakan onjek yang  beranekaragam
B. untuk mengetahui jumlah makhluk hidup yang ada di bumi
C. untuk memahami keanekaragaman makhluk hidup baik tumbuhan maupun  hewan
D. untuk memanfaatkan makhluk hidup yang ada bagi kepentingan manusia

27. Alat kelamin jantan dan betina pada gambar secara berurutan ditrunjukkan oleh ...


A. 1 dan 2                    
B. 3 dan 4                                              
C. 2 dan 1  
D. 4 dan 5

28.  Perhatikan gambar!


Apabila kita makan telur yang banyak mengandung protein, maka zat protein
di dalam tubuh akan diuraikan menjadi asam amino.  Proses perubahan tersebut
sebagian besar terjadi pada organ bernomor ….
A. 1  B. 2               C. 3         D. 4

29. Berikut ini jaring-jaring makanan yang terbentuk pada ekosistem di ladang jagung:
Ular pada rantai makanan di atas menduduki peran sebagai konsumen. Apabila ular banyak di bunuh oleh manusia, apakah yang akan terjadi pada organisme lainnya di komunitas tersebut?
A.   tumbuhan jagung terbebas dari hama tikus 
B.   populasi burung kecil meningkat karena hewan
C.   populasi tikus berkurang karena jumlah ular  pemangsanya berkurang berkurang     
D.   populasi burung elang tidak dipengaruhi oleh populasi lain pada ekosistem tersebut    
                                    
30.  Perhatikan gambar otak manusia berikut ini :

      Fungsi bagian otak yang ditunjuk oleh X adalah ...
A.     Pusat engatur kecepatan pernafasan
B.     Pusat pengatur kerja jantung
C.     Pusat pendengaran dan penglihatan
D.     Pusat koordinasi kerja otot

31.  Perhatikan gambar penampang batang berikut ini :
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh P adalah ...
A.     Membentuk jaringan kayu
B.     Melindungi jaringan-jaringan yang ada didalamnya
C.     Mengangkut air dan garam mineral dari dalam tanah
D.     Mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh

32. Apabila di samping tanaman kacang panjang ditancapkan batang kayu maka arah gerak batangnya  adalah...
A.  membelok menjauhi batang kayu
B.mendekat ke batang kayu dan melilit
C. menuju ke batang kayu tapi tidak melekat
D. tetap tumbuh menuju ke arah atas

33.  Perhatikan gambar berikut ini :

 Tujuan yang dilakukan pada tahap ke 2 dalam percobaan fotosintesis adalah ...
A.     Melarutkan klorofil pada daun
B.     Mengumpulkan hasil fotosintesis
C.     Membuktikan hasil fotosintesis berupa amilum
D.     Mematikan sel-sel daun yang mengadung klorofil

34.  Cumi merupakan hewan moluska laut, cara adaptasi perilaku pada hewan ini untuk menghidarkan dari kejaran pemangsanya adalah ....
A.     Mengeluarkan zat tinta
B.     Tubuhnya berlendir dan licin
C.     Memilki tantakel panjang dan besar
D.     Memilki mata dan mulut yang terlindung oleh tanatakel

35. Jika disilangkan tanaman ercis berbiji bulat kuning (BBKk) dengan tanaman ercis berbiji bulat kuning (BbKk),maka perbandingan fenotif keturunanya adalah ....
A.     Bulat kuning : bulat hijau = 2 : 1
B.     Bulat kuning : bulat hijau = 4 : 1
C.     Bulat kuning : bulat hijau = 3 : 2
D.     Bulat kuning : bulat hijau = 5 : 3

36. Jika kita memilki seekor sapi betina lokal ingin memiliki keturunan sapi yang berukuran badan besar dan dagingnya yang banyak, maka usaha yang dilakukan dengan dengawinkan sapi betina dengan sapi brahman jantan yang memilki sifat yang sesuai dengan yang diharapkan. Akan tetapi jumlah dan keberadaan sapi brahman jantan yang sedikit sehingga sulit dilakukan persilangan secara langsung. Oleh karena itu perkawinan silang sapi ini dilakukan dengan pertolongan tenaga tehnis penyuluhan peternakan setempat dengan melakukan pembuahan tanpa mendatangkan pejantannya yaitu hanya menyuntikan sel sperma ke betina. Tehnologi  yang dilakukan oleh tenaga tehnis penyuluh peternakan  ....
A.     Inseminasi
B.     Rekayasa genetik
C.     Rekombinasi gen
D.     Kultur jaringan hewan

37. Perhatikan gambar!

      Enzim yang dihasilkan oleh alat pencernaan nomor 1   seperti gambar di samping berfungsi untuk ….
A.     mengubah protein menjadi pepton
B.     mengubah amilum menjadi zat gula
C.     mencerna lemak menjadi asam lemak
D.     mencerna protein menjadi asam amino

38.  Hasil persilangan bunga pukul empat merah dengan putih yang memiliki sifat intermediet, maka perbandingan fenotip pada F2-nya ...
      A. 1 : 2 : 1
      B. 9 : 3 : 3 : 1
      C. 3 : 1
     D. 9 : 1

39.  Perhatikan gambar!

Bagian yang disebut bronkus ditandai oleh nomor ...
A. 1                        C. 3
B. 2                         D. 4

40.   Perhatikan gambar berikut ini !


Pada gambar disamping menunjukkan bahwa makhluk hidup memilik ciri-ciri .
            a. Berkembang biak
            b. Peka terhadap rangsang
            c. Tumbuh
            d. Menyesuaikan diri


REFRENSI

SKL BIO 1 Menjelaskan ciri ciri dan keaneka ragaman Mahkluk Hidup , Komponen Ekosistem serta Interaksi antar mahkluk hidup dalam Lingkungan , Pentingnnya pelestariam mahkluk hidup dalam lingkungan
1. Kemampuan yang diuji Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
  • Ciri-ciri pada makhluk njelashidup meliputi :
  1. Bergerak
  2. Makan
  3. Bernafas
  4. Iritabilitas (peka terhadap rangsangan)
  5. Tumbuh dan berkembang
  6. Mengeluarkan zat sisa
  7. Berkembangbiak
  8. Memerlukan suhu tertentu
2. Kemampuan yang diuji Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup. Keanekaragaman Tumbuhan
  • Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal dan mempelajarimakhluk hidup.
  • Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah persamaan dan perbedaan ciri.
  • Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah penunjuk jenis.
Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
  1. Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)
  2. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
  3. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
  4. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)

Berdasarkan warnanya, ganggnag dibedakan menjadi 4, yaitu :
  1. Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra
  2. Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria
  3. Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis
  4. Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra
Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
  1. Jamur ganggang (Phycomycetes) à hifa tidak bersekat Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
  2. Jamur sejati (Eumycetes) à hifa bersekat
Eumycetes dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. Askomisetes, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur tape)
  2. Basidiomisetes, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu
  3. Deuteromisetes, contohnya jamur oncom
Perhatikan siklus lumut di bawah ini :
Perhatikan sikulus paku di bawah ini :

Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga
Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji
  2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan
Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Dikotil (berkeping dua)
  2. Monokotil (berkeping satu)
Ciri monokotil, yaitu
  1. tulang daun umumnya sejajar
  2. batang tak berkambium
  3. akar serabut
  4. bagian-bagian bunga kelipatan tiga.
  5. berkas pengangkut tersebar dengan tipe kolateral tertutup
  6. batang tidak bercabang
Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :
  1. Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
  2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
  3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
  4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
  5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit
Ciri Tumbuhan Dikotil, yaitu
  1. tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip
  2. batang berkambium
  3. akar tunggang
  4. mahkota dan kelopak bunga kelipatan 2,4, atau 5.
  5. berkas pengankut melingkar teraturdengan tipe kolateral terbula
Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :
  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
  3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
  5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari
Keanekaragaman Hewan
Dunia hewan dibagi menjadi 2 berdasar vertebrae ( tulang belakang) , yi :
  1. Avertebrata (tidak bertulang belakang)
  2. Vertebrata (bertulang belakang)
Kelompok hewan avertebrata, yi :
  1. Protozoa (hewan bersel satu, ex : Amoeba, Paramecium, Euglena
  2. Porifera (hewan berpori), ex : Sycons sp, Euspongia sp
  3. Coelenterata (hewan rongga usus), ex : Anemon laut, Bahar, Karang batu
  4. Platyhelminthes (cacing pipih), ex : Taenia sp (cacing pita), Planaria sp (cacing pipih)
  5. Nemathelminthes (cacing gilik), ex : Ascaris sp (cacing perut), Oxyuris sp (cacing kremi)
  6. Anelida (cacing beruas-ruas), ex : Pheretima sp(cacing tanah), Hirudo medicinalis (lintah)
  7. Echinodermata (hewan berkulit duri), ex : bintang laut, landak laut
  8. Molusca (hewan lunak), ex : Octopus sp (gurita), Loligo sp (sotong), Sepia sp (cumicumi),Chlamis sp (tiram), Corbicula sp (remis), Lima scraba (kerang)
  9. Arthropoda ex Insecta (serangga), ex : jangkrik, belalang , Crustacesa (udang-udangan), ex : kepiting , Arachnida (laba-laba), kalajenging, laba-laba , Myriapoda (lipan), ex : lipan, luing
Vertebrata dikelompokan menjadi 5, yi :
  1. Pisces (ikan), ex : gurami, lele
  2. Amfibia (hewan hidup 2 alam), ex : katak, salamander
  3. Aves (burung), ex : perkutut, cocak rowo
  4. Reptilia (melata), ex : kadal, buaya
  5. Mamalia (menyusui), ex : sapi, kerbau
3. Kemampuan yang diuji Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
  • Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik dan saling ketergantunganantara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Difinisi singkat --> Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem.
  • Sumber energi utama dalam suatu ekosistem adalah sinar matahari.
  • Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup.
Ada beberapa satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu :
  1. individu, yaitu satuan terkecil makhluk hidup
  2. populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang mengadakan interaksi pada suatuwilayah tertentu
  3. komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup antar populasi yang mengadakan interaksi.
  4. Ekosistem
Ekosistem ada 2 berdasar proses terjadinya :
  1. Ekosistem alami : danau, laut, sungai, dll
  2. Ekosistem buatan : kolam, akuarium, sawah, dll
  • Ekosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat interaksi antara componen biotikdan abiotik.
  • Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk hidup.
  • Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup
  • Nisia (Niche/Nichia) adalah status jabatan / peranan makhluk hidatus di habitatnya.
  • Dengan adanya nisia dapat menghindari terjadinya kompetisi antar spesies
Ada 2 komponen penyusun ekosistem, yaitu

1. komponen biotik, yang meliputi
  • producen, sebagai penghasil bahan organik,
  • konsumen tingkat I, consumen yang memakan producen sebagai herbivora
  • consumen tingkat II, konsemen yang memakan consumen tingkat I sebagai carnivora
  • consumen puncak, consumen tingkat carnivora puncak
  • dekomposer, menguraikan bahan organik menjadi anorganik
2. komponen abiotik, yang meliputi
  • CO2, H2O, O2 (udara)
  • tanah
  • suhu
  • kelembaban
  • cahaya
  • matahari
  • ruangan.
  • dll
  • Rantai makanan adalah peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu. Contoh : Ulat --> burung prenjak --> burung rajawali --> bakteri
  • Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung prenjak, burung prenjak di makan burungrajawali.
Keterangan :
  1. Tumbuhan bertindak sebagai produsen
  2. Ulat bertindak sebagai konsumen tingkat I
  3. Burung prenjak bertindak sebagai konsumen tingkat II
  4. Burung Rajawali bertindak sebagai konsumen tingkat III --> konsumen puncak
  5. Bakteri bertindak sebagai decomposer / pengurai
Rantai makanan alur makan di makan yang searah
Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling berhubungan.
Perhatikan piramida makanan ini
  • perpindahan aliran energi dari produsen hingga konsumen tertinggi dalam ekosistem.
  • Ekosistem akan seimbang jika komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang.
  • Eksosistem yang seimbang akan dapat bertahan lama, walaupun demikian ekosistem jugadapat terganggu.
  • Untuk mengatasi gangguan tersebut, ekosistem yang seimbang memiliki daya lenting.
  • Jadi daya lenting adalah kemampuan ekosistem untuk menuju keseimbangan ekosistem.
Berdasarkan kemampuan kemampuan menyusun bahan organik, organisme penyusun ekosistem ada 2, yaitu
  1. autotrof, yaitu makhluk hidup yang dapat menyusun zat anorganik menjadi organik melalui proses fotosintesa atau kemosintesis, contohnya semua tanaman hijau
  2. heterotrof, yaitu makhluk hidup yang tidakdapat menyusun zat anorganik menjadi organik sehingga untuk mendapatkan makanannya dengan cara memakan organismo lain,
Heterotrof meliputi
  • herbivora (Rusa, sapi) ,
  • karnívora (elang, singa),
  • omnivora (manusia, monyet),
  • scavenger (burung nasar),
  • detritivor (rayap, cacing)
4 Kemampuan yang diuji Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 4
  1. Polusi tanah
  2. udara
  3. air,
  4. suara.
  1. Pencemaran tanah, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masukke dalam tanah.
  2. Pencemaran suara, dapat ditanggulangi dengan membuat dinding kedap suara, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membuat kegaduhan
  3. Pencemaran air, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam air.
  4. Pencemaran udara, yaitu adanya polutan di udara
Dampak dari pencemaran air adalah
  1. punahnya organisme air
  2. ikan yang tercemar dapat meracuni orang yang memakannya
Cara penanggulangan pencemaran air, meliputi :
  1. tidak membuang limbah cair ke sungai
  2. tidak membuang sampah di sembarang tempat
  3. tidak membuang sisa obat ke sungai.
Pencemaran udara, dapat diakibatkan oleh :
  1. Gas hasil pembakaran, meningkatnya karbondioksida di udara dapat menyebabkan efek rumah kaca, yang kemudian dapat mengakibatkan pemanasan global.
  2. Meningkatnya belerag dioksida dapat mengakibatkan hujan asam, sebab gas tersbut bereaksi dengan air membentuk asam sulfat.
  3. Gas CFC (chlorofluorocarbon), gas ini banyak digunakan untuk gas pengembang busa, AC dan lemari es. CFC dapat bereaksi dengan ozon, sehingga ozon dapat berkurang.
Upaya penanggulangan pencemaran udara berupa :
  1. Ditingkat rumah tangga --> dapat berupa tidak membakar sampah di pekarangan, tidak menggunakan lemari es dengan CFC , tidak merokok di dalam ruangan.
  2. Ditingkat wilayah --> dapat berupa reboisasi, memelihara tanaman kota, tidak menebang hutan secara liar.
  3. Ditingkat nasional, dapat berupa larangan insektisida berbahaya, keharusan membuat cerobong asap pada pabrik, lokasi industri yang jauh dari lingkungan
Kegiatan berwawasan lingkungan dapat berupa :
  1. Perlombaan berwawasan lingkungan
  2. Pemanfaatan ulang dan daur ulang
  3. Penghijauan dan pembersihan lingkungan
5. Kemampuan yang diuji Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
  • Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Perlindungan keanekargaman hayati dapat dilakukan dengan cara :
  1. Cagar Alam, yaitu perlindungan alam dengan membiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya yang bertujuan untuk melindungi ciri khas tumbuhan, hewan dan ekosistem alam. Contohnya cagar alam Pangandaran.
  2. Taman Nasional, bertujuan untuk melindungi flora, fauna dan ekosistemnya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam. Contohnya taman nasional Bogor, taman nasional Suka Bumi, dan taman nasional bukit barisan
  3. Hutan Wisata, yi hutan produksi yg jg untuk objek wisata.
  4. Taman Laut, merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi, unik dan indah. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.
  5. Hutan Lindung, berfungsi sebagai daerah resapan air.
  6. Kebun Raya, yaitu kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tumbuhan dari berbagai tempat untuk dilestarikan. Contonhya kebun raya Bogor.
Berdasarkan pada tempat pemeliharaannya ada 2 pemeliharaan, yaitu
  1. Pemliharaan in situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya. Contohnya memelihara ikan di suatu danau.
  2. Pemeliharaan ex situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya, Namun kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contohnya jalak bali berhasil di tangkar baru kemudian dilepas di habitat aslinya.
Kita dapat membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan cara :
  1. Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar
  2. Tidak membuang sampah sembarangan
SKL Bio 2 : Menggant kan hubungan antar struktur dan fungsi jaringan / otgan pada tumbuhan dan manusia

6 Kemampuan yang diuji Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
Sistem Gerak
  • Sistem gerak terdiri dari rangka dan otot.
  • Tulang merupakan alat gerak pasif, karena tulang tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot.
Berdasarkan jenisnya, tulang dibagi menjadi 2
  1. tulang keras
  2. tulang rawan.
  • Ada 3 jenis tulang rawan, yi :
  1. Kartilago Hialin, ex : dinding trakea, sendi tulang, antara tl rusuk dan tl. dada
  2. Kartilago Elastis, ex : tl hidung & telinga
  3. Kartilago Fibrosa / Serabut, ex : antar rusuk tulang
  • Osifikasi adl proses terjadinya tulang rawan menjadi tulang keras.
Berdasarkan bentuknya ada 4 tulang, yaitu :
  1. Pipa/panjang, ex : tulang lengan, paha, betis, ruas jari kaki &tangan
  2. Pipih, ex : tulang rusuk, dada, belikat, tengkorak
  3. Pendek, ex : ruas tl. belakang, pergelangan kaki & tangan
  4. Tidak bearaturan, ex : tl rahang & tl punggung
Berdasar sifat bahan penyusunnya, ada 2 macam tulang, yi :
  1. Tulang kompak, ex : lapisan luar tulang pipa
  2. Tulang spons, ex : tulang pendek & tulang pipih
Ada 2 macam sumsum tulang, yaitu :
  1. Sumsum merah, tempat pembentukan sel darah merah. Terdapat pd tulang tengkorak, ruas tulang belakang, & tulang rusuk
  2. Sumsum kuning, terdapat pd tulang anggota gerak orang dewasa
  • Pertumbuhan tulang terjadi pada daerah pertumbuhan didekat ujung tulang yg disebut cakra epifise.
Perhatikan gambar bagian-bagian tulang tubuh di bawah ini :
Perhatikan gambar tulang tengkorak di bawah ini :
Sendi adalah hubangan antar tulang gerakan.
Sendi dibagi menjadi 3, yi :
  1. Sendi mati / sinartrosis, tidak dapat digerakan. Ex : hubungan antar tulang tengkorak
  2. Sendi kaku / amfiartrosis, dapat digerakan terbatas. Ex : hubungan antar tulang belakang, hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada.
  3. Sendi gerak / diartrosis, dapat digerakan leluasa.
Sendi gerak dibagi menajdi 4, yi :
  1. Engsel, ex siku dan lulut dan rusa jari
  2. Putar, ex : antara kepala dan leher ( tulang atlas)
  3. Pelana, ex : ruas pergelangan tangan dan kaki
  4. Peluru, ex : hubungan antara lengan atas dg bahu , pinggul dan paha
Perhatikan kelainan tulang di bawah ini :
Otot ada 3, yi :
  1. Otot polos $3A berinti 1, berbentuk gelondong, & bekerja diluar kesadaran
  2. Otot lurik : berinti banyak, bentuknya silindris lurik tidak bercabang, & bekerja sadar
  3. Otot jantung : berinti banyak, serabut lurik bercabang, & bekerja diluar kesadaran.
Kerja otot ada 2, yi :
  1. Antagonis / berlawanan, ex bisep & trisep
  2. Sinergis / bersamaan, ex : pronator teres & pronator kuadratus
7. Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.

Sistem Pencernaan Manusia : Tersusun atas sistem utama
I. Traktus digestoria / saluran pencernaan
1.       Cavitas oris
2.       Oesophagus
3.       Ventriculus
4.       Intestinum tenue
5.       Intestinum crassum
6.       Anus
II. Glandula digestoria / kelenjar  pencernaan
1.       Glandula salivarius
2.       Lambung
3.       Usus halus
4.       Hepar & Gallbladder
5.       Pancreas
Perhatikan gambar alat-alat pencernaan di bawah ini :
Di mulut terjadi 2 kali pencernaan, yi :
  1. Pencernaan mekanik : saat pengunyahan makanan oleh gigi
  2. Pencernaan kimiawi : pencernaan dg bantuan enzim ptialin / saliva / ludah
Dikerongkongan terjadi gerakan meremas & mendorong makanan pada kerongkongan shg masuk kelambung yang disebut sbg gerak peristaltik.
Enzim pencernaan di mulut terdiri dari :
  1. Ptialin : mengubah karbohidrat amilum ( polysacharida menjadi gula
Sekret pencernaan di lambung terdiri dari :
  1. Pepsin : menguubah protein menjadi pepton
  2. Renin : menggumpalkan protein susu caseinogen menjadi cassein
  3. HCL : bunuh organisme asing
Enzim pencernaan di pankreas terdiri dari :
  1. Tripsin : mengubah pepton dari lambung menjadi asam amino
  2. Amilopsin : karbohidrat à gula
  3. Lipase : lemak à asam lemak & gliserol
  4. Enterokinase : mengaktifkan Tripsinogen menjadi enzim tripsin
Enzim pencernaan di usus halus meliputi :
  1. Maltase : mengubah maltosa menjadi glukosa dan glukosa
  2. Laktase : mengubah Laktosa menjadi galaktosa dan glukosa
  3. Sukrase : mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
  4. Eripsin : mengubah protein menjadi asam amino
  5. Enterokinase : mengaktifkan Erepsinogen menjadi enzim erepsin
8. Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Sistem Transportasi Manusia
Darah dibagi menjadi 2, yi :
  1. Plasma darah (cair) : serum & fibrinogen
  2. Sel darah (padat) : eritrosit, leukosit, trombosit
Plasma darah
  1. mengangkut atau mengedarkan sari makanan yang terlarut ke seluruh bagian tubuh (asam amino, glukosa, asam lemak, vitamin)
  2. Mengangkut zat sisa metabolisme dari jaringan atau sel tubuh.
  3. mengandung Serum sbg zat anti bodi
  4. terdapat protein Fibrinogen berperan dlm pembekuan darah
  5. mengangkut panas, hormon
Sel darah
  • Eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen (hemoglobin)
  • Leukosit berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan membentuk antibody( Lymposit)

Trombocyt untuk pembekuan darah
Perhatikan gambar jantung di bawah ini :Jenis peredaran darah pada mahkluk hidup berdasar ada tidaknya keterlibatan pembuluh ada 2
  1. Peredaran darah tertutup adl peredaran darah yang selalu beredar di dalam pembuluh darah
  2. Peredaran darah terbuka adl peredaran darah yang beredar tidak melalui pembuluh misal pada serangga
Berdasarkan sistem peredaran darah di bagi 2
  1. Peredaran darah besar : Jantung - tubuh - jantung ( Bilik kiri ke seluruh tubuh balik ke serambi kanan jantung
  2. Peredaran darah kecil : Jantung - Paru paru - Jantung ( Bilik kanan - Paru - Serambi kiri)
Fungsi getah bening adalah menyerap lemak dlm usus halus di kelenjar kil
Limpa berfungsi untuk :
  1. Tempat pembentukan sel darah putih
  2. Tempat membunuh kuman penyakit
  3. Tempat pembongkaran sel darah merah yg telah mati
  4. Tempat cadangan sel darah
Fungsi tonsil sbg pertahanan tubuh dr kuman yang masuk ke dlm mulit & hidung.
Ada beberapa penyakit pada system peredaran darah, yaitu :
  1. AIDS --> penyakit system kekebalan tubuh Penyebab : virus HIV
  2. Ambeien / wasir --> pembuluh darah vena disekitar anus melebar penyebab : terlalu banyak duduk , tidak mengkonsumsi serat
  3. Anemia --> kekurangan sel darah merah terutama Hb
  4. Angina --> darah dalam jantung sedikit
  5. Sklerosis --> pengerasan pembuluh nadi ( Aterosklerosis - penyumbatan oleh lemak , Arterio sklerosis - penyumbatan oleh kapur)
  6. Hemofilia --> darah tidak dapat membeku
  7. Hipertensi --> tekanan darah di atas normal (tinggi) ( normal Sistole 120 /diastole 80)
  8. Hipotensi --> tekanan darah di bawah normal
  9. Leukimia / kanker darah --> sel darah putih membelah secara tidak terkendali (normal 6000 - 9000 butir /cc)
  10. Leukopenia / Leukositosis --> sel darah putih sangat sedikit
  11. Limfadenitis --> peradangan kelenjar limfa
  12. Pariokarditis --> peradangan pada selaput pemabungkus jantung
  13. Serangan jantung --> suplai darah ke otot jantung sangat kurang.
  14. Thallasemia --> sel darah merah yang tidak normal (umur tidak mencapai 120 mati )
  15. Varises --> pembuluh darah vena membesar
9 Kemampuan yang diuji Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
Fungsi ginjal :

  1. Filtrasi yaitu penyaringan darah terjadi Badan malphigi meliputi Kapsul Bowman dan Glomerulus ( Filtrasi tepatnya di Glomerulus)
  2. Reabsorpbsi à penyerapan terjadi pd saat perjalanan dari kapsul Bowman menuju kesaluran pengumpul ( Reabsorbsi terjadi Tubulus Contortus Proximal
  3. Augmentasi : di Tubulus Contortus Distal menghasilkan Urine benar terkumpul di tubulus kolektivus (saluran pengumpul)
Dalam keadaan normal, ) urine mengandung :
  1. air, urea, amonia (perombakan protein)
  2. Garam mineral (garam dapur)
  3. Zat warna empedu à kuning urobilin
  4. Zat yg berlebihan pd darah : vitamin, obat-obatan, hormon
  5. keratinin ( zat tandukberupa epithel yang mati)
10 Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem saraf pada manusia. Sistem Saraf
Fungsi sistem saraf :
  1. Alat pengenal perubahan yg terjadi di luar tubuh atau sbg penghubung antara tubuh dg dunia luar melalui indra
  2. Alat pengatur / pengendali tanggapan thd keadaan sekitar
  3. Mengatur & mengendalikan kerja organ tubuh shg organ tsb dpt bekerja sesuai fungsinya
Fungsi bagian-bagian sel saraf :
  1. Dendrit à menerima & menghantarkan rangsangan menuju ke badan sel saraf
  2. Neurit / akson à menghantarkan rangsangan dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya
  3. Sel Schwann à menyediakan makanan utk neurit & membantu regenerasi neurit
  4. Nodus renvier & Neurofibril à mempercepat penyamapian rangsangan

Sistem saraf dibagi 2 :
  1. Sistem saraf pusat
  2. Sistem saraf tepi
Sistem saraf pusat dibagi 2 :
1. Otak
2. Sumsum tulang belakang
Sistem saraf tepi dibagi 2 :
  1. Sistem saraf somatik / sadar
  2. Sistem saraf autonom / tak sadar
Sistem saraf somatik dibagi 2 :
  1. 12 pasang saraf otak (saraf kanial)
  2. 31 pasang saraf sumsumm tulang belakang (sraf spinal)
Sist. saraf autonom dibagi 2 :
  1. Sistem saraf simpatik
  2. Sistem saraf simpatetik
Parasimpatik
  • mengecilkan pupil
  • menstimulasi aliran ludah
  • memperlambat denyut jantung
  • membesarkan bronkus
  • menstimulasi sekresi kelenjar pencernaan
  • mengerutkan kantung kemih
Simpatik
  • memperbesar pupil
  • menghambat aliran ludah
  • mempercepat denyut jantung
  • mengecilkan bronkus
  • menghambat sekresi kelenjar pencernaan
  • menghambat kontraksi kandung kemih
System syaraf pusat meliputi :
 
  1. Otak depan à yg plg dominan adl otak besar / serebrum yg berfungsi sbg pusat pengendalian gerak yg di sadari ex : berpikir, berbicara, melihat
  2. Otak tengah à (1) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg otak tengah serta (2) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg mata
  3. Otak belakang à bagian uatamanya : (1) otak kecil (serebelum) à mengatur keseimbangan tubuh & sbg pusat koordinasi kerja otot saat bergerak, (2) Sumsum lanjutan (medula oblongata) à pusat pengatur denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, & suhu tubuh.
  4. Sumsum tukang belakang (medula spinalis) à penghantar impuls saraf dari & menujuotak serta sbg pusat gerak refleks.
Perbedaan gerak biasa dengan gerak refleks :
  1. Gerak Biasa : Impus à indra à saraf sensori à otak à saraf motor à otot (respon)
  2. Gerak Refleks : Impus à indra à saraf sensori à saraf penghubung à saraf motor à otot (respon)

11. Kemampuan yang diuji Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan.
Struktur and Fungsi Jaringan/Organ pada Tumbuhan
A. Pengelompokan Tumbuhan Berdasar Cara Adaptasi pada Lingkungannya
Berdasarkan cara adaptasi pada lingkungannya tumbuhan dibagi menjadi 4, yi :
  1. Xerofit, menyesuaikan pd daerah kering, biasanya daun kecil, berduri & berlapis lilin, ex : kaktus
  2. Higrofit, menyesuaikan pd daerah lembab/basah, biasanya daun lebar & tipis, ex : keladi
  3. Hidrofit, menyesuaikan pd lingkungan air, ex : enceng gondok, terate
  4. Tropofit, menyesuaikan diri dg lingkungan kering & basah, ex kapuk randu & jati
B. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Kebutuhan Oksigen
Berdasarkan keperluan terhadap oksigennya, tumbuhan dibagi menjadi 2 :
  1. Aerob (memerlukan oksigen) à terjadi respirasi
  2. Anaerob (tak memerlukan oksigen) à tidak terjadi respirasi shg utk memperoleh energi dilakukan mell fermentasi/peragian. Adapun yg dimaksud dengan fermentasi adalah proses cara memperoleh energi pd tumbuhan anaerob dg cara mengubah karbohidrat menjadi gula yang kemudian gula diubah lg menjadi alkohol.
  • Teknologi fermentasi jg dimanfaatkan utk memproduksi makanan, yi tempe (Rhizopus sp), tape (Sacharomices sp), yogurt (Lactobacillus sp)
Organ pada tumbuhan meliputi :
1. Akar
Fungsi akar, yaitu :
  1. Menyerap air dan garam-garam mineral dari tanah
  2. Untuk memperkokoh tegaknya tumbuhan
  3. dapat menyimpan cadangan makanan
  4. membantu pernafasan
Struktur luar akar terdiri dari :
  1. rambut akar --> memperluas daerah absorbsi mineral dan air dari dalam tanah
  2. tudung akar / kaliptra --> melindungi sel akar
Perbedaan akar monokotil dan dikotil, yaitu
  1. system perakaran monokotil serabut, sedangkan system perakan dikkotil tunggang
  2. akar monokotil tidak berkambium sedangkan akar dikotil berkambium
2. Batang
Batang di bagi menjadi 2, yaitu :
a. Batang monokotil
Ciri-ciri batang monokotil :
  1. Batang umumnya tidak bercabang
  2. Tidak berkambium
b. Batang dikotil
Ciri-ciri batang dikotil :
  1. Batang umumnya bercabang
  2. berkambium
  3. membesar
  • Kambium --> pembelahan sel. Membelah keluar membentukl floem, membelah ke dalam membentuk xilem.
  • Xilem --> mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun
  • Floem --> mengangkut zat organik hasil fotosintesa dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan
  • Korteks --> tempat proses pertukaran gas dan sebagai tempat cadangan makan

3. Daun
Perbedaan daun monokotil dan dikotil :
  1. pertulangan daun monokotil sejajar, sedangkan pertulangan daun dikotil menjari /menyirip
  2. berpelepah sedangkan daun dikotil tidak berpelepahur daun
Struktur daun
  1. Epidermis --> melindungi bagian yang ada di bawahnya
  2. Palisade --> sebagai tempat fotosintesa
  3. Jaringan Pengangkut
  4. Spons --> tempat cadangan CO2 yang akan digunakan untuk fotosintesa
  5. Stomata --> alat pernafasan

4. Bunga / Flower
  • Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.
Berdasarkan bagian-bagiannya, bunga dibagi menajdi 4, yaitu
  1. Bunga lengkap --> bunga yang memiliki seluruh bagian-bagian bunga (benang sari, putik, mahkota, kelopak). Contoh bunga sepatu
  2. Bunga tidak lengkap --> bunga yang tidak memiliki seluruh bagian bunga, contoh bunga melati
  • Bunga sempurna --> bunga yang mempunyai dua alat kelamin (benang sari dan putik). Contoh bunga sepatu
  • Bunga tidak sempurna --> bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin (putik saja atau benang sari saja). Contoh bunga salak
5. Buah dan Biji / Fruit and Seed
Biji berfungsi sebagai embrio tumbuhan
Berdasarkan pembentukannya, buah dibagi menajadi 2, yaitu :
  1. Buah sejati --> dibentuk oleh seluruh jaringan pada bakal buah. Contoh : pepaya, durian, mangga, tomat dll
  2. Buah semu --> dibentuk bukan hanya dari bakal buah saja, tetapi juga dari bagian-bagian bunga yang lain. Contohnya :
Buah semu misal pada

  1. bentuk dari bakal buah dan kelopak bunga
  2. Apel --> buahnya berasal dari bunga yang menggembung
  3. Nangka --> berasal dari kelopak bunga yang menebal
  4. Jambu mede --> berasal dari tangkai bunga yang membesar
Pernafasan Pada Tumbuhan
Pernafasan merupakan proses untuk menghasilkan energi melalui oksidasi biologi dengan
reaksi sebagai berikut :
C6H12O6 + O2 --> CO2 + H2O
Organ pernafasan pd tumbuhan ada 2, yi :
  1. Stomata à di daun
  2. Lentisel à di batang & akar
Organ pernafasan khusus :
  1. Akar nafas pd bogem (Sonneratia sp) & kayu api (Avicennia sp)
  2. Akar gantung pd anggrek kalajengking (Arahnis flasaeris)
  3. Saluran udara pd padi, kangkung, enceng gondok
  4. Rongga udara pd enceng gondok
E. Pengangkutan Air dan Garam Mineral Pada Tumbuhan
Naiknya air ke daun dipengaruhi oleh 3 faktor, yi :
  1. Tekanan akar à pengaruh osmosis (air di dalam batang lebih pekat dr pd air tanah)
  2. Kapilaritas batang à sel kapilaritas pd batang
  3. Daya isap daun à pengaruh transpirasi
Transpirasi
Transpirasi pada tumbuhan dipengaruhi :
  1. Suhu
  2. Kelembaban relatif
  3. Atmosfer
  4. Cahaya
  5. Persediaan air tanah
Ekskresi Pada Tumbuhan
Pengeluaran pd tumbuhan :
  1. Gas à gas dikeluarkan mll stomata
  2. Air à air dikeluarkan mll stomata &lentisel.
  3. Gutasi adl keluarnya titik air pd ujung daun
12 Kemampuan yang diuji Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Gerak Pada Tumbuhan
Berdasarkan penyebabnya gerak pada tumbuhan di bagi menjadi 3, yaitu :
  1. Gerak autonom/endonom adalah gerak yang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Contoh : daun kobis yang selalu menguncup.
  2. Gerak higroskopis ádalah gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air (kelembaban). Contohnya membukanya kotak spora pada tumbuhan paku dan pecahnya kulit buah pada tumbuhan tertentu seperti jarak, karet dan petai cina.
  3. Gerak esionom adalah gerak yang terjadi karena rangasangan dari luar.
Gerak esionom dibedakan menjadi 3, yaitu :
  1. Tropisme
  2. Taksis
  3. Nasti
Triopisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipenagruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Ada beberapa gerak tropisme, yaitu :
  1. Geotropisme yaitu tropisme yang disebabkan adanya gravitasi. ada 2, yaitu - Georopisme positif --> bila arah gropisme searah dengan grafitasi. Contohnya tumbuhnya akar ke dalam tanah. - Geotropisme negatif --> bila arah geotropisme berlawanan dengan grafitasi. Contohnya ujung batang tumbuhan yang tumbuh ke atas.
  2. Fototropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh cahaya. Contohnya gerakan daun yang cenderung menuju kearah datangnya cahaya.
  3. Hidrotropisme Hidrotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh air Contohnya gerak akar yang cenderung menuju ke tempat yang barair
  4. Tigmotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh adanya sentuhan/persinggungan. Contohnya gerak tumbuh ujung tanaman bersulur (gadung)yang membelit batang.Nasti
NASTI
Nasti adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Ada beberapa gerak nasti, yaitu :
  1. Seismonasti adalah nasti yang disebabkan karena sentuhan. Contohnya menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica)saat disentuh
  2. Fotonasti adalah nasti yang disebabkan oleh cahaya. Contoh : - membuka dan menutupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) - mekarnya bunga matahari
  3. Niktinasti adalah nasti yang disebabkan karena suasana gelap Contoh : menutupnya bunga kupu-kupu pada malam hari , mengatupnya daun majemuk petai cina pada malam hari
  4. Termonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsangan suhu. Contonhya mengembangnya bunga tulip ketika suhu panas dan akan menutup pada suhu turun.
  5. Nasti kompleks adalah nasti yang disebabkan oleh beberapa penyebab sekaligus (CO2, cahaya, suhu, zat kimia dll). Contohnya membuka dan menutpnya stomata terjadi karena dipengaruhi oleh cahaya, air dan zat kimia.
3. Taksis
Taxis adalah gerak pindah tempat pada tumbuhan
Ada 2 gerak taxis, yaitu
  1. Kemotaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh zat kimia. Contohnya gerak spermatozoid menuju sel telur
  2. Fototaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh cahaya. Contoh :
  • spora mempunyai bulu cambuk yang bergerak menuju tempat yang lebih terang
  • klorofil yang cenderung bergerak kebagian daun yang terdedah cahaya.
13. Kemampuan yang diuji Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan
Fotosintesis
A. Tahapan-tahapan Fotosintesis
Tahapan-tahan fotosintesis, yaitu :


  1. Rekasi terang Klorofil menangkap cahaya, kemudian energi yang ditangkap klorofil tersebut digunakan untuk memecah molekul air. Pemecahan molekul iar tersebut disebut fotolisis. Sedangkan reaksi fotolisis sbb 2H2O --> 2H2 + O2
  2. Reaksi gelap Pada proses ini terjadi pengikatan karbondioksida di dalam daun. Karbondioksida ini akan bergabung dengan hydrogen yang dihasilkan pada reaksi terang untuk membentuk gula.
Reaksi Fotosintesis
Proses fotosintesa secara lengkap dengan reaksi sebagai berikut
  • CO2 + H2O ------------------------> C6H12O6 + O2
Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesa, yaitu
  1. CO2,
  2. H2O,
  3. C6H12O6,
  4. O2,
  5. klorofil,
  6. cahaya
Uji Iodin
  • Iodin merupakan salah satu bahan indicator karbohidrat. Apabila suatu bahan mengandung karbohidrat maka setelah ditetesi Iodin warnanya menjadi biru keahitaman.
  • Uji Iodin biasa dilakukan untuk mengeatahui apakah telah terjadi fotosintesis atau belum.
SKL 3 Mengaplikasikan dan perkembangan , Pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan teknologi masyarakat

14 Kemampuan yang diuji Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Kelangsunga hidup organisme dipengaruhi oleh :
  1. Adaptasi
  2. Seleksi alam
  3. Kemampuan berkembangbiak
Adaptasi ada 3, yi :
  1. Morfologi, ex : bentuk paruh burung bermacam-macam sesuai dg jenis makanannya
  2. Fisiologi, ex : manusia yg biasa hidup di dataran tinggi cenderung mempunyai eritrosit lebih banyak dari pada manusia yg biasa hidup di dataran rendah
  3. Tingkah laku, ex : ular menjulurkan mulut untuk mengenali mangsanya.
Faktor yang mempengaruhi seleksi alam :
  1. Suhu lingkungan
  2. Makanan
15. Kemampuan yang diuji Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Genetika :
  1. Monohibrid adalah persilangan dengan sau sifat beda
  2. Dihibrid persilangan dengan dua sifat beda
  3. Polyhibrid persilangan dengan banyak yanda beda
  • Sifat fenotip adalah sifat yang tampak. Contoh rambut kriting, bunga sepatu berwarna merah
  • Sifat genotip adalah sifat yang dilukiskan dalam bentuk symbol. Contoh : MM, Mm, BB, dan sebagainya.
Contoh soal :
  • Pada persilangan bunga sepatu, disilangkan bunga sepatu merah (MM) dan bunga sepatu putih (mm) sehingga dihasilkan anakan warna merah (Mm). Apabila keturunan pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka
  • Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
  • Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
  • Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2 ?
Kunci jawaban :
  1. Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Merah : putih = 3 : 1
  2. Perbandingan fenotip pada F2 adalah : MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1
  3. Prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2, adalah 75 %
  • Pada persilangan bunga pucung, disilangkan bunga pucung ungu (UU) dan bunga sepatu putih (uu) sehingga dihasilkan anakan warna ungu muda (Uu). Apabila keturunan pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka
  • Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
  • Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
  • Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2 ?
Kunci jawaban :
  1. Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Ungu : Ungu muda : putih = 1 : 2 : 1
  2. Perbandingan fenotip pada F2 adalah : UU : Uu : uu = 1 : 2 : 1
  3. Prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2, adalah 25 %
  • Pada persilangan kacang ercis, disilangkan kacang ercis berbiji bulat kuning disilangkan dengan kacang ercis berbiji keriput hijau. Apabila bulat kuning merupakan warna dominan terhadap warna lainnya dan keturunan pada F1 disilangkan anatar sesamanya maka :
  • Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
  • Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan bulat kuning pada F2 ?
Kunci jawaban :
  1. Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Bulat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1
  2. Prosentase dihasilkan anakan berwarna bulat kuning pada F2, adalah 56,25 %
16. Kemampuan yang diuji Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
Teknologi reproduksi meliputi :
  1. Kawin silang / bastar Kawin silang merupakan penerapan teknologi di bidang reproduksi yang paling sederhana, karena kita tinggalkan mengawinkan indukan unggul yang seperti kita inginkan. Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu jagung hibrida, sapi potong dll
  2. Kultur jaringan Kultur jaringan adalah keguiatan membudidayakan suatu jarigan tanaman atau hewan secara vegetatif menjadi tanaman aztau hewan yang memilki sifat sama dengan induknya dalam waktu yang singkat.
Manfaat kultur jaringan :
  1. mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dengan sifat yang sama dengan induknya
  2. membuat tumbuhan dengan sifat-sifat yang kita kehendaki
  3. hemat dari segi waktu, ruang dan tenaga
  • Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu bunga anggrek, dll
Inseminasi buatan / Kawin suntik
  • Inseminasi buatan dilakukan dnegan menyuntikan semen dari hewan jantan pada hewan betina.
  • Inseminasi buatan umunya dilakukan pada hewan ternak, misalnya sapi, kambing dll.
3. Fertilisasi in vitro / bayi tabung
  • Fertilisasi terjadi di dalam tabung. Teknologi bayi tabung sudah dilakukan di beberapa rumah sakit di Indonesia.
4. Kloning
  • Kloning merupakan salah satu teknologi reproduksi untuk menghasilkan individu baru secara aseksual sehingga individu baru mempunyai sifat yang sama dengan induknya.
  • Kloning pertama dilakukan pada domba, domba itu diberi nama Dolly.
17. Kemampuan yang diuji Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Bioteknologi
  • Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dalam menggunkan organisme untuk menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi keabutuhan manusia.
Bioteknologi ada 2, yaitu :
  1. Konvensional Bioteknologi koenvensioanal biasanya menggunakan mikroorganisme (bakteri dan jamur)
  2. Modern Bioteknologi modern meliputi : rekayasa genetika, hidroponik aeroponik, dan teknologi reproduksi.
Ada beberapa mikroorganisme yang telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk tertentu, yaitu :
  1. Aspergillus oryzae --> kecap
  2. Aspergillus wenti --> taucho
  3. Rhyzopus sp --> tempe
  4. Neurospora sp --> oncom
  5. Saccharomyces sp --> tape, bir
  6. Streptococus lactis --> keju
  7. Lactobacillus sp --> yogurt
  8. Acetobaster --> asam cuka
  9. Pseudomorus sp --> Vitamin B12
  10. Penicillium sp --> penisilin
Penerapan bioteknologi di bidang pertanian :
  1. Hidroponik Media tanam yang digunakan genting, passir, kerikil dllyang disiram dengan larutan berisi nutrient yang diperlukan tanaman.
  2. Aeroponik Tanaman dibiarkan menngantung dan dijaga kelembabanya.
  • Penerapan bioteknologi dengan cara rekombinasi gen (rekayasa genetika telah dilakukan, seperti di bawah ini, yaitu :
  1. Pembuatan insulin Gen penghasil insulin disambung dengan Eschercia coli sehingga bakteri tersbut dapat menghasilkan insulin
  2. Racun serangga Penyuntikan Pseudomanas flouroscens ke akar tumbuhan jagung seahingga tumbuhan mampu menghasilkan racun yang mematikan serangga.
Dampak positif peneapan bioteknologi :
  1. mengurangi kekurangan bahan makanan
  2. membantu mengastasi maslah kesehatan
  3. menyediakan berbagai senyawa organic, seperti alcohol dll
  4. menyediakan energi (biogas)
  5. memperbaiki lingkungan
  6. mengatasi kesulitan memperoleh keturunan (bayi tabung)
Dampak negative penerapan bioteknologi :
  1. Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi
  2. Ada kehawatiran ketrampilan merekayasa gen digunakan untuk kejahatan
SKL 4 Bio Menjalaskan bahan kimia alami dan buatan pada bahan makanan dan pengaruhnya pada kesehatan

18 Kemampuan yang diuji Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
Bahan Kimia Dalam Bahan Makanan
A. Keuntungan Zat Aditif Makanan
  • Membuat makanan menjadi lebih tahan lama
  • Bakteri yang merusak bahan makanan :
  1. Staphylococcal à tumbuh dengan cepat pada susu, daging dan telur
  2. Salmonela à penyebab diare
  • Penampilan yang lebih baik
  • Sayur gudeg à + daun jambu klutuk dan kulit bawang merah
B. Bahan Pewarna
  1. Bahan pewarna alami Contoh :
  • Beta karoten à berwarna jingga pada wortel ,
  • Klorofil à berwarna hajau pada pandan ,
  • Kurkumin à berwarna kuning pada kunyit
  • Karamel à berwarna coklat (hasil pemanasan gula)
2. Bahan pewarna sintesis Contoh :
  • Eritrosin,
  • biru berlian,
  • FCF,
  • tartrasin,
  • kamoisin,
  • ponceau 4R
3. Bahan pemanis :
  • Bahan pemanis alami Contoh : gula dan madu
  • Bahan pemanis buatan Contoh : Natrium Siklamat & Kalsium Siklamat à penyebab kanker
4. Bahan pengawet :
  • Teknik Pengawetan Makanan Contoh :
  1. Pengemasan dalam cuka à acar timun
  2. Dehidrasi à susu bubuk, buah yg dikeringkan
  3. Gula dan penggaraman à telur, daging, sale
  4. Pengasapan à daging, ikan
  5. Bahan kimia à minuman ringan dan sosis
b. Bahan Kimia Pengawet Makanan Contoh :
  1. Garam nitrat & nitrit à daging kaleng, sosis
  2. Garam benzoat à sirup, margarin, kecap
  3. Senyawa sulfit à Tepung, sosis
  4. Gas Etilen Oksida & Propilen Oksida
  5. rempah dan tepung (bahan kering)
5. Bahan Penyedap
  • Bahan penyedap alami Contoh : Bawang putih, kaldu daging, udang ebi
  • Bahan penyedap buatan Contoh : Vetsin atau MSG (Monosodium Glutamat) à hasil fermentasi tetes tebu dg bantuan Micrococus glutamicus
19 . Kemampuan yang diuji Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.
Zat aditif dan Psikotropika
A. Zat Aditif
  • Zat aditif adalah zat yang jika kita masukan ke dalam tubuh, dapat mengakibatkan efek tertentu dan dapat mengakibatkan kecanduan.
  • Rokok Senyawa kimia berabahaya yang terdapat dlm rokok :
  1. Nikotin, menyebabkan kecanduan, rusaknya jaringan otak, darah leabih mudah membeku, & mengeraskan dinding arteri
  2. Tar, membenuh sel dalam saluran pernafasan, & menaingkatkan produksi lendir dalam paru-paru.
  3. Karbon monoksida, berbahaya sebab meangikat oksigen sehingga tubuh kekurangan oksigen
  4. Karsinogen, penyebab kanker
Ciri-ciri perokok :
  1. Gigi kuning karena nikotin
  2. Kuku kotor karena nikotin
  3. Mata pedih
  4. Sering batuk-batuk
  5. Mulut dan napas bau rokok
  • Minuman Keras
  1. Dampak negatif dalam jangka pendek : Menyebabkan penuruanan fungsi otak, kehilangan sistem koordinasi tubuh, gangguan penglihatan dan pembicaraan.
  2. Dampak negatif dalam jangka panjang : Merusak hati, sel darah, hilang ingatan, & depresi
Ciri-ciri fisik korban kecanduan minuman keras :
  1. Napas bau alkohol
  2. Muka merah
  3. Bicara pelo
  4. Jalan sempoyongan
  5. Bola mata bergerak terus
Zat Psikotropika
  • Zat psikotropika adalah zat-zat tertentu yang mempunyai efek terhadap kerja otak sehingga menaurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat.
Fungsi psikotropika :
  1. Mengganggu fungsi mental manusia normal (Halusinogen), contoh mariyuana ,LSD
  2. Menyembuhkan fungsi mental abnormal manusia yaitu sebagai obat depresan (obat tidur), contohnya klorpromazina, reserpina, oksanamida, pipradol, pentobaribital. Adapun yg termasuk golongan candu, yaitu morfin, pethidin, fentanil.
Ciri-ciri fisik korban ketergantungan obat (penyalahgunaan psikotropika):
  1. Denyut nadi meningkat
  2. Tekanan darah tidak teratur
  3. Kelainan jantung
  4. Banyak berkeringat sehingga kekurangan cairan
  5. Badan panas
  6. Kejang-kejang
  7. Kurang nafsu makan
  8. Rasa mual

TRY AGAIN , ONE MORE



CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

1. Perhatikan gambar berikut :


Gambar di atas menunjukkan bahwa tumbuhan mempunyai ciri ….
a. bernapas
b. berkembang
c. bereproduksi
d. irritabillita

2. Perhatikan gambar berikut !
Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri ….
a. bernafas
b. makan
c. berkembangbiak
d. tumbuh

3. Bunga matahari akan mekar pada pagi hari, karena  cahaya matahari pagi. Hal ini menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri ….
a. tumbuh
b. bernafas
c. peka terhadap rangsang
d. membutuhkan makanan

4. Perhatikan nama hewan berikut berikut!
1) ikan mas                                 
2) paus                                        
3) ular                                           
4) katak 
5) kadal
 6) burung
Hewan-hewan yang dapat dikelompokkan bersama berdasarkan suhu tubuh adalah nomor ….
a. 1,2, dan 4
b. 1,3, dan 5
c. 2,3, dan 6
d. 4,5, dan 6

5. Berikut beberapa tanaman yang ditemukan di kebun sekolah :
1)      mangga
2)      kembang sepatu
3)      padi
4)      jagung
5)      jeruk
Tanaman yang dapat dikelompokkan dalam kelompok yang sama karena berakar tunggang adalah ….
a. 1,2, dan 3
b. 1,2, dan 5
c. 2,3, dan 5
d. 2,4, dan 5

6. Sari menemukan suatu tanaman dengan cirri sebagai berikut: memiliki akar , batang dan daun sejati, berklorofil,  hidup ditempat yang lembab, belum memiliki bunga, dibalik daun terdapat spora, kemungkinan tanaman tersebut adalah :
a. Bryophyte
b. Pteridophyta
c. Algae
d. Spermatophyta

7. Abed menemukan hewan dengan cirri : kaki beruas-ruas, tubuh terdiri atas kepala , dada yang bersatu , dan perut, kaki 8 buah, maka hewan tersebut dapat digolongkan dalam ….
a. Anelida
b. Arachnida
c. Molusca
d. Myriapoda

7. Perhatikan diagram jaring-jaring makanan berikut!
Kepunahan pada ular dapat menyebabkan perubahan keseimbangan ekosistem yaitu ….
a. meningkatnya  jumlah serigala
b. meningkatnya penyerapan energy matahari
c. meningkatnya jumlah kelinci dan burung
d. berkurangnya jumlah belalang dan burung

8. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan pada soal diatas!

Konsumen ke dua pada diagram diatas adalah ….
a. belalang  dan burung
b. ayam dan ular
c. tikus dan ular
d. elang  dan burung

9. Peningkatan jumlah penduduk berakibat pada pemanfaatan hutan menjadi pemukiman dan lahan pertanian. Hal ini dapat menyebabkan ….
a. ketersediaan air bersih mencukupi
b. meningkatnya udara bersih lingkungan
c. hilangnya jenis flora fauna tertentu
d. semakin luasnya paru-paru bumi

10. Peningkatan jumlah penduduk berakibat pada pemanfaatan hutan menjadi pemukiman dan lahan pertanian. Hal ini dapat menyebabkan ….
a. ketersediaan air bersih mencukupi
b. meningkatnya udara bersih lingkungan
c. hilangnya jenis flora dan fauna tertentu
d. semakin luasnya paru-paru bumi

11. Perhatikan data mengenai ciri otot berikut!
NO
Bentuk sel otot
Jumlah inti
Letak inti sel
1
silinder
satu
ditengah
2
gelendong
banyak
di pinggir
3
gelendong
satu
di tengah
4
silinder, bercabang
banyak
di pinggir

Data ciri otot yang berfungsi antara lain menyusun organ usus ditunjukkan oleh nomor ….
a. 4
b. 3
c.2
d. 1

11. Perhatikan gambar berikut!
Sifat kerja otot yang berperan dalam gerak seperti ditunjuk oleh gambar otot bisep adalah ….
a. pronasi
b. supinasi
c. antagonis
d. kontraksi

12. Perhatikan gambar berikut!
Persendian pada gambar di atas memungkinkan terjadi pergerakan ….
a. terbatas
b. satu arah
c. dua arah
d. segala arah

13. Perhatikan gambar 
Tulang yang ditunjukkan dalam keadaan frakture adalah adalah ….
a. radius
b. ulna
c. tibia
d. fibula

14. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan cir-ciri yang terdapat pada gambar tersebut, maka pernyataan berikut yang sesuai adalah
a. otot lurik, berfungsi menyusun organ jantung, bekerja secara tak sadar
b. otot lurik, berfungsi sebagai otot rangka, bekerja secara sadar
c. otot polos, berfungsi membentuk organ dalam, bekerja secara sadar
d. otot polos, berfungsi menyusun organ dalam, bergerak peristaltic

15. Perhatikan gambar  system pencernaan makanan berikut!
Apabila kita makan telor, maka sebagian besar telor akan diubah menjadi asam amino. Proses perubahan tersebut terjadi karena adanya enzim yang dihasilkan oleh nomor ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

16. Fungsi enzim lipase adalah ….
a. Mengubah zat tepung menjadi zat gula
b. mengubah protein menjadi asam amino
c. Mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
d. mengubah

17. Perhatikan organ system pencernaan berikut!
Enzim yang dapat menguraikan amilum menjadi gula maltose dihasilkan oleh organ yang ditunjuk  oleh nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

18. Perhatikan tabel enzim dan organ pencernaan berikut!
NO
ENZIM
ORGAN
1
renin
Pankreas
2
lipase
Hati
3
pepsin
Lambung
4
HCl
pankreas
Data yang benar tentang enzim dan organ pencernaan yang menghasilkannya ditunjukkan oleh ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

19. Enzim yang terlibat dalam proses pencernaan karbohidrat pada usus halus adalah ….
a. amilase
b. lipase
c. protease

20. Tangan Ani terluka saat memotong wortel, lalu dengan cepat dia menutup luka dengan ibu jarinya. Beberapa saat kemudian lukanya tidak berdarah lagi. Bagian darah yang berperan dalam penutupan luka tersebut adalah ….
a. Serum dan fibrinogen
b. fibrinogen dan keeping darah
c. keping darah dan plasma darah
d. plasma darah dan serum

21. Urin sekunder merupakan hasil proses pembentukan urin di ginjal pada tahap ….
a. filtrasi
b. reabsorbsi
c. augmentasi
d. fiksasi

22. Penyerapan kembali zat dalam urine primer yang masih berguna merupakan proses pembentukan urine tahap ….
a. filtrasi
b. reabsorbsi
c. augmentasi
d. imbibisi

23. Rini memetik bunga , tiba-tiba ia menjerit karena jarinya tertusuk duri tanaman bunga tersebut. Mekanisme gerak yang terjadi ketika jari Rini tertusuk duri adalah ….
a. Reseptor  – neuron sensoris – sumsum medula spinalis – neuron motoris – efektor
b. efektor – neuron sensoris – sumsum medula spinalis – neuron motoris – reseptor
c. reseptor – motoris – saraf pusat – neuron sensoris – efektor
d. efektor – neuron motoris – saraf pusat – neuron sensoris – reseptor

24. Perhatikan beberapa jaringan pada batang tanaman dikotil berikut!
1)      Jaringan meristem
2)      Jaringan parenkim
3)      Jaringan epidermis
4)      Jaringa floem dan xylem
Jaringan yang mengalami pertumbuhan dan mengalami spesialisasi membentuk bagian lain pada tumbuhan adalah ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

25. Ganggang hijau bersel satu apabila diberikan rangsang cahaya maka yang terjadi adalah ….
a. bergerak menjauh dari sumber cahaya
b. akan tetap diam di tempat semula
c. bergerak menuju tempat yang banyak cahaya
d. mula-mula mendekat kemudian menjauh

26. Ani melakukan percobaan dengan menanam 5 biji kacang merah dalam posisi yang berbeda-beda. Setelah beberapa hari tampak biji tumbuh seperti ditunjukkan peda gambar. Berdasarkan percobaan tersebut pernyataan yang sesuai adalah ….
a. pertumbuhan akar selalu mengarah ke atas
b. arah tumbuh daun menuju ke arah bawah
c. akar tumbuh ke atas kemudian ke arah
d. pertumbuhan batang menuju ke arah atas

27. Pada Percobaan fotosintesa, apabila daun yang telah direbus tersebut ditetesi lugol maka bagian yang tidak ditutup kertas karbon berwarna biru kehitaman dan bagian yang ditutup kertas karbon berwarna pucat. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a. pada bagian daun yang ditutup kertas karbon telah terjadi fotosintesa
b.pada bagian daun yang berwarna biru hitam tidak terjadi fotosintesa
c. pada daun tersebut tidak terjadi fotosintesa
d. untuk berfotosintesis tumbuhan memerlukan sinar matahari

28. Perhatikan pernyataan dari jaringan tumbuhan berikut!
 NO
Jaringan
Fungsi
1
Jaringan pagar
Tempat fotosintesa
2
Jaringan sklerenkim
Penyokong
3
Jaringan bunga karang
Tempat fotosintesis
4
Jaringan kolenkim
Penyokong
Pernyataan yang tepat antara jaringan dan fungsinya adalah nomor ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

29. Pada musim kemarau, kelompok tumbuhan tropofit bertahan hidup dengan cara ….
a. menggiatkan fotosintesis untuk pertumbuhan
b. memperbesar batang untuk cadangan makanan
c. memanjangkan akar untuk menyerap air
d. menggugurkan daun untuk mengurangi penguapan

30. Lumba-lumba adalah salah satu mamalia yang hidup di air yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut
1)      Bergerak dengan sirip
2)      Bernafas dengan paru-paru
3)      Bentuk tubuh lonjong seperti terpedo
4)      Secara berkala muncul ke permukaan
Dari ciri tersebut manakah yang merupakan bentuk perilaku dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

30. Perhatikan data hasil persilangan berikut!

BK
Bk
bK
bk
Bk
BBKkBulat kuning
BBkkBulat hijau
BbKkBulat kuning
BBbkkBulat hijau
bk
BbKkBulat kuning
BbkkBulat hijau
bbKkkeriput kuning
BbkkKeriput hijau
Maka fenotip dan genotip parentalnya adalah ….
a. bulat kuning  (BbKk) dengan bulat kuning (BbKk)
b. bulat kuning (BbKk) dengan bulat hijau (Bbkk)
c. bulat hijau (Bbkk) dengan bulat hijau (Bbkk)
d.keriput hijau (bbkk) dengan bulat kuning (BbKk)

31. Tikus berambut hitam kasar (BBDD) disilangkan dengan tikus berambut putih halus (bbdd) . Apabila gen hitam dan gen kasar memiliki sifat dominan , maka jika F1 disilangkan dengan salah satu induknya perbandingan genotip F2nya adalah ….
a. 9 : 3 : 3 : 1
b. 4 : 3 : 2 : 1
c. 2 : 2 : 1 : 1
d. 1 : 1 : 1 : 1

32. Manfaat teknik perbanyakan kultur jaringan adalah diperoleh individu baru yang memiliki keunggulan ….
a. sifat sama dengan induknya, jumlah banyak
b. jumlah banyak dan sifat variasi dari induknya
c. sifat berbeda dengan induknya dan bebas hama
d. jumlah sedikit dan bebas dari penyakit

33. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan tape adalah ….
a.   Aspergillus wentii
b.    Saccharomyces sp
c. Neurospora sp
d. Rhyzopus oryzae

34. Bakteri Eschericia coli transgenik yang telah dikloning dengan gen insulin manusia dapat menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang banyak dan kualitas yang baik. Manfaat hasil dari produk bioteknologi ini adalah untuk ….
a. pengobatan darah tinggi
b. pengobatan kencing manis
c. pemisahan logam dan polutan
d. mendapatkan antibodi

35. Perhatikan daftar zat aditif pada bahan makanan berikut ini!
1)      Natrium benzoate
2)      Sakarin
3)      Tartrazin
4)      Caramel
5)      Sorbitol
Berdasarkan daftar tersebut yang merupakan bahan pemanis buatan adalah ….
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4

36. Penggunaan bahan kimia menimbulkan efek samping diantaranya :
1)      Rusaknya fungsi organ tubuh
2)      Membuat kecanduan
3)      Menghilangkan kesadaran
Bahan kimia yang memiliki efek samping tersebut adalah ….
a. vitamin
b. narkotika
c. antibiotik
d. penyedap

37. Zat aditif yang biasa ditambahkan pada bahan makanan sebagai pemanis adalah ….
a. MSG
b. tartrazine
c. natrium benzoat
d. sakarin

38. Ciri-ciri orang yang menggunakan zat adiktif/psikotropika :
1)      hilang kepercayaan diri
2)      lamban kerja
3)      mual-mual dan muntah
4)      penghayal
5)      gangguan pada system saraf
6)      menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
Ciri psikis orang pengguna zat adiktif/psikotropika adalah ….
a. 1,2, dan 3
b. 1,3, dan 5
c. 1,4, dan 6
d. 2, 3 dan 5

39. Manakah yang merupakan contoh produk bioteknologi modern?
a. Pemberantasan hama dengan jantan mandul.
b. Pembuatan bibit unggul dengan kultur jaringan.
c. Pembuatan tempe dengan menggunakan jamur.
d. Pembuatan insulin dengan menggunakan bakteri.

40. Bunglon mengelabuhi musuh untuk mempertahankan  kelangsungan hidupnya dengan cara ….
a. pura-pura mati
b. bersuara menakut-nakuti musuhnya
c. mengeluarkan aroma yang menyengat
d. mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungannya

41. Dilakukan persilangan antara tanaman kembang sepatu warna putih (mm) dengan tanaman kembang sepatu warna merah (MM). Warna merah dominan terhadap warna putih , jika keturunan pertama(F1)disilangkan sesamanya akan dihasilkan keturunan pada F2 dengan perbandingan fenotip ….
a. merah : unggu : putih = 1 : 2 : 1
b. merah : unggu : putih = 1 : 1 : 2
c. merah : putih = 3 : 1
d. merah : putih = 1 : 1

42. Sifat-sifat yang lebih unggul dari dua tanaman yang berbeda dapat diperoleh dengan mengembangbiakkan tanaman melalui proses ….
a. mencangkok dan merunduk
b. menempel dan menyambung
c. merunduk dan menyambung
d. menyambung dan mencangkok

43. Manakah  yang merupakan contoh produk bioteknologi modern?
a. Pemberantasan hama dengan jantan mandul
b. Pembuatan bibit unggul dengan kultur jaringan
c. Pembuatan tempe dengan menggunakan jamur
d. Pembuatan insulin dengan menggunakan bakteri

44. Di dalam kemasan makanan sering tercantum komposisi makanan sebagai berikut :
1)      kurkumin
2)      karamel
3)      amaranth
4)      sunset yellow
manakah yang termasuk pewarna alami?
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 2 dan 4

45. Orang yang mabuk sehabis minum minuman keras dapat berbuat di luar kesadarannya karena ….
a. menggalami gangguan jiwa
b. saraf pusatnya menjadi pasif
c. saraf penglihatannya terganggu
d. koordinasi motorik terganggu