UN BIOLOGI 2013 87,5 %



1.      Penyakit rabies pada anjing diakibatkan inveksi organisme pada susunan saraf pada anjing . cabang biologi organisme yang menyebabkan penyakit rabies tersebut adalah
A.     Mikologi
B.     Sitologi
C.     Bakteriologi
D.     Hematologi
E.      Virologi

2.      Perhatikan gambar mikroorganisme ini


Mikroorganisme yang merupakan kelas Ciliata dan Rhizopoda secara berurutan adalah .....
A.     1 dan 4
B.     2 dan3
C.     3 dan4
D.     4 dan 5
E.      5 dan 3

3.      Virus dapat menyebabkan penyakit pada manusia , hewan juga tumbuhan . Virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia antara lain
A.     Kanker , HIV dan antraks
B.     Polio , trakom dan hepatitis
C.     Herpes , CVPD dan H5 N1
D.     TMV m CVPD  dan NCD
E.      NCD m Cacar dab Rabies

4,      Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali  berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat . Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya kedalam empat kantong yang diberi label pohon perdu semak dan herbal . Kegiatan ini dapat dianggap  klasifikasi secara
A.     Buatan
B.     Alami
C.     Filogenetik
D.     Buatan dan filogenetik
E.      Alami dan buatamn

5.      Terumbu karang yang ada di perairan Indonesia banyak mengalami  kerusakan parah . Tujuan pelestarian terumbu karang adalah
A.     Mempertahamkan keindahan bawah  laut
B.     Melindungi pantai dari hempasan ombak
C.     Menambah devisa negara
D.     Menarik minat wisatawan asing
E.      Tempat fertilisasi organisme laut

 6. Perhatikan gambar beberapa hewan invertebrata berikut.
  
Berdasarkan gambar, hewan invertebrata  yang termasuk kelas Mollusca dan  Echinodermata ditunjukkan oleh nomor  .  .  .  .
A.     1 dan 3
B.     1 dan 5
C.     2 dan 3
D.     2 dan 4
E.     5 dan 6

7. Perhatikan daur hidup Aurelia aurita berikut.
Berdasarkan gambar, planula, skifistoma dan efira secara berurutan ditunjuk oleh  .  .  .  .
A.     1 – 2 – 3
B.     2 – 3 –4
C.     3 – 4 – 5
D.     5 – 4 – 3
E.      5  - 3 – 2

8. Berikut ini beberapa ciri Spermatophyta.
1.      Akar tunggang
2.      Pembuahan tunggal
3.      Mempunyai kambium
4.      Tidak mempunyai bunga sesungguhnya
5.      Mempunyai bakal biji pada daun buah
6.      Akar serabut
Ciri yang dimilki tumbuhan Gymnospermae adalah .  .  .  .
A.     (1), (2), (3) dan (4)
B.     (1), (2), (4) dan (5)
C.     (1), (3), (4) dan (5)
D.     (2), (3), (5) dan (6)
E.      (2), (4), (5) dan (6)

9. Dalam ekosistem laut terdapat:
  1. Ikan hiu 
  2. Dekomposer
  3. Fitoplankton
  4. Ikan-ikan kecil 
  5. Zat-zat anorganik
Rantai makanan yang benar dari komponen ekosistem di atas adalah .  .  .  .
A.     2-5-3-4-1
B.     3-4-1-2-5
C.     3-4-1-5-2
D.     3-4-5-1-2
E.      5-3-4-1-2

10. Dalam daur nitrogen di alam, bakteri nitrifikasi adalah salah satu bakteri yang mempunyai peran .
A.     mengubah nitrat menjadi nitrogen
B.     mengubah nitrat menjadi nitrit
C.     mengubah nitrit menjadi nitrat
D.     menghasilkan asam amino dari bahan organik
E.      membentuk asam amino

11. Penggunaan pupuk yang tidak sesuai  aturan dapat berdampak buruk pada  ekosistem, antara lain terjadinya eutrofikasi. 
Dampak yang mungkin terjadi akibat  eutrofikasi adalah .  .  .  .
A.     perairan sungai semakin kaya akan  oksigen
B.     organisme dalam air menjadi resisten terhadap pupuk
C.     perairan sungai semakin kaya akan  karbon dioksida dan oksigen
D.     ekosistem air sungai akan menjadi  subur karena miskin karbon dioksida
E.      menurunnya kadar oksigen di dalam air sungai

12. Perhatikan gambar berikut.

Glikoprotein, glikolipid dan fosfolipid secara  berurutan ditunjuk oleh .  .  .  . 
A.     1, 5 dan 4
B.     2, 1 dan 3
C.     2, 3 dan 1
D.     3, 2 dan 1
E.      3, 1 dan 2

13. Perhatikan gambar sel hewan berikut.

Berdasarkan gambar,  organel dan fungsi  yang bersesuaian dan hanya dimiliki oleh sel hewan saja adalah .  .  .  .  .


14. Perhatikan diagram batang tumbuhan tembakau  berikut.
    
Epidermis, korteks dan kambium secara  berurutan ditunjukkan oleh bagian bernomor .  .  .  .
A.     1, 2, dan 3
B.     1, 2, dan 4 
C.     3, 4, dan 5 
D.     4, 3, dan 2 
E.      5, 4, dan 2

15. Perhatikan gambar berikut. 
Gambar di atas pada B menunjukkan  sendi .  .  .  .
A.     peluru
B.     pelana
C.     engsel
D.     luncur
E.      putar

16. Perhatikan gambar sistem peredaran darah berikut.
Berdasarkan gambar yang disajikan, vena  pulmonalis dan aorta secara berurutan  ditunjukkan oleh nomor .  .  .  .
A.     1, 8
B.     2, 6
C.     6, 7
D.     6, 8
E.      7, 8

17. Perhatikan gambar sistem pencernaan  manusia berikut. 

Berdasar gambar, enzim tripsin yang  berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjuk oleh .  .  .  .
A.     P
B.     Q
C.     R
D.     S
E.      T

18. Berikut adalah organ-organ yang menyusun sistem pernapasan pada manusia.
1.      Laring
2.      Bronkus
3.      Trakea
4.      Faring
5.      Alveolus
6.      Bronkiolus
Urutan masuknya udara pernapasan yang  benar adalah .  .  .  .
A.     2-4-3-5-6-4
B.     3-4-1-5-2-6
C.     4-3-1-2-6-5
D.     4-1-3-2-6-5
E.      5-3-1-2-6-5

19. Perhatikan gambar nefron berikut.
              
Kelainan pada sistem ekskresi yang disebut  albuminuria terjadi akibat kegagalan fungsi
bagian bernomor .  .  .  .
A.     1
B.     2 
C.     3
D.     4
E.      5

20. Perhatikan bagan kelenjar endokrin pada  manusia berikut ini.
Hormon yang berfungsi  mengatur kadar  gula dalam darah dan metabolisme disekresikan oleh kelenjar nomor .   .  . 
A.     1 dan 4
B.     2 dan 3
C.     3 dan 4
D.     4 dan 5
E.      5 dan 6

21. Perhatikan gambar  organ reproduksi  berikut.
Bagian yang merupakan tempat fertilisasi dan pemasangan IUD secara berurutan ditunjukkan oleh
bagian bernomor .  .  .  .
A.     1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.     2 dan 4
E.      2 dan 5

22. Salah satu bentuk tanggapan tubuh dalam melawan mikroba yang masuk adalah dengan cara ....
A.     menurunkan suhu badan
B.     membentuk trombosit
C.     membentuk entrosit
D.     membentuk leukosit
E.      pusing

23. Perhatikan data  pertumbuhan kecambah  kacang hijau yang diberi perlakuan dengan intensitas cahaya berbeda-beda berikut.
Berdasarkan data tersebut dapat  disimpulkan bahwa .  .  .  .
A.     Cahaya berpengaruh terhadap proses pertumbuhan.
B.     Cahaya dapat mempercepat pertumbuhan kecambah.
C.     Cahaya gelap berpengaruh terhadap pertumbuhan tetapi cahaya terang dan  remang-remang tidak.
D.     Pengaruh cahaya terhadap  pertumbuhan sama dengan pengaruh suhu lingkungan terhadap
pertumbuhan.
E.      Cahaya dapat menghambat  pertumbuhan tinggi kecambah.

24.   Perhatikan gambar berikut!

Teori kerja enzim berdasarkan gambar di atas adalah teori….
A. Induced Fit   
B. Kompeitif dan Non Kompetitif
C. Aktivator dan Inhibitor        
D. Enzim dan Substrat               
E. Lock and Key           

25. Perhatikan data hasil percobaan berikut ini.
Keterangan: 
+ = bereaksi
- = tidak bereaksi

Kesimpulan yang dapat diambil dari data  percobaan di atas adalah .  .  .  .
A.     Enzim nonaktif pada suhu 37o C dan PH netral.
B.     Enzim aktif pada suhu 37o C dan PH netral.
C.     Enzim bekerja aktif pada kondisi asam dan suhu tinggi.
D.     Enzim bekerja aktif pada kondisi basa  dan suhu rendah.
E.      Enzim bekerja aktif pada kondisi asam  dan suhu rendah.

26.  Proses respirasi meliputi:
  1. Perubahan senyawa C6 menjadi C3
  2. Penggunaan KoA
  3. Reaksi H+ dengan O2
  4. Perubahan asam piruvat menjadi asetil KoA
  5. Penggunaan sitokrom
Proses yang terjadi pada transpor elektron adalah nomor .  .  .  .   
A.     4 dan 5                   
B.     3 dan 5
C.     2 dan 4
D.     2 dan 3
E.      1 dan 2

27. Perhatikan gambar percobaan fotosintesis   berikut.
Berdasarkan gambar  percobaan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dari  proses tersebut .  .  .  .
A.     diperlukan CO2 dan cahaya
B.     diperlukan H2O dan tanaman  fotosintetik 
C.     diperlukan cahaya dan air
D.     diperlukan cahaya dan O2
E.      dihasilkan O2 dan air

28. Perhatikan skema proses respirasi anaerob  berikut.

Berdasarkan skema, nomor yang  menunjukkan CO2, Asetal dehid dan etanol  adalah .  .  .  .
A.     1, 2, dan 4
B.     1, 2, dan 5   
C.     1, 4, dan 5
D.     2, 5 dan  6
E.      3, 4, dan 5

29. Perhatikan skema DNA berikut ini. 
Berdasarkan skema, yang ditunjukkan oleh  nomor 1, 2, 3 dan 4 secara berurutan pada  sepotong molekul DNA di atas adalah .  .  . .
A.     guanin, deoksiribosa, fosfat dan adenin
B.     sitosin, ribosa, hidrogen dan timin
C.     timin, ribosa, fosfat dan sitosin
D.     adenin, deoksiribosa, fosfat dan timin
E.      urasil, deoksiribosa, hidrogen dan adenin

30. Perhatikan gambar  urutan basa nitrogen  pada sepotong DNA berikut.  
Proses yang terjadi dalam pembentukan X  adalah .  .  .  .
A.     translasi
B.     replikasi
C.     inisiasi
D.     duplikasi
E.      transkripsi

31. Perhatikan gambar pembelahan sel berikut.
Berdasarkan gambar, fase metafase,  telofase dan anafase secara berurutan  ditunjukkan oleh nomor .  .  .  .
A.     1, 2, 3
B.     2, 3, 4
C.     1, 3, 4
D.     3, 1, 4
E.      4, 2, 1

32. Bila tanaman berbiji bulat warna kuning  (BbKk) disilangkan dengan tanaman berbiji
kisut warna hijau (bbkk) akan menghasilkan tanaman kisut warna hijau sebesar .  .  .  . 
A.     6,25%
B.     12,5%
C.     25%
D.     56,25%
E.      50%

33.  Persilangan antara ayam walnut (RrPp)  dengan rose (RRpp) pada penyimpangan  semu hukum Mendel akan memberikan ppeluang munculnya ayam walnut sebesar    .  .  .  .
A.     0%
B.     25%
C.     50%
D.     75%
E.      100%

34.  Seorang pria hemofilia menikah dengan  wanita yang ayahnya hemofilia, maka  persentase lahirnya anak laki-laki pertama  yang menderita hemofilia sebesar .  .  .  .
A.     12,5%
B.     25 %
C.     50 %
D.     75%
E.      100%

35. Perhatikan gambar mutasi berikut.             


Mutasi yang terjadi pada sepotong DNA tersebut adalah .  .  .  .
A.     inversi
B.     insersi
C.     transverse
D.     translokasi
E.      transisi

36. Perhatikan rangkaian percobaan  Spallanzani dan  Louis Pasteur berikut.
Keterangan:  Labu
I terbuka dan tidak dipanaskan
II terbuka dan dipanaskan
III tertutup dan dipanaskan
IV terbuka dan dipanaskan

Pada hari pertama, kaldu di dalam labu semuanya jernih. Setelah 3 hari, hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa  pada labu .  .  .  .
A.     I dan II tetap jernih
B.     I dan III tetap jernih
C.     II dan III tetap jernih
D.     II dan IV tetap jernih
E.      III dan IV tetap jernih

37. Diketahui  persentase orang normal  (dominan) dalam suatu populasi penduduk  adalah 84%. Perbandingan frekuensi  genotipe AA : Aa : aa dalam populasi  tersebut adalah      .  .  .  .
A.     4 : 32 : 64
B.     4 : 16 : 64
C.     36 : 24 : 16
D.     36 : 24 : 40
E.      36 : 48 : 16

38.  Proses pembentukan organisme baru yang  secara alamiah tidak mungkin terjadi di  alam, dapat diperoleh melalui bioteknologi.  Bioteknologi dalam  pembentukan individu baru yang memiliki sifat persis induknya  adalah .  .  .  .
A.     hibridoma
B.     teknologi plasmid
C.     kultur jaringan
D.     teknologi vaksin
E.      teknologi peniruan

39. Perhatikan produk kebutuhan manusia  berikut.
1.      Interferon
2.      Tempe
3.      Keju
4.      Vaksin
5.      Mentega
Produk yang dihasilkan bioteknologi  modern adalah .  .  .  . 
A.     1 dan 4
B.     2 dan 3
C.     2 dan 4
D.     2 dan 5
E.      3 dan 5

40. Kedelai transgenik yang diciptakan melalui  rekayasa genetika dikhawatirkan dapat
menyebabkan .  .  .  .
A.     berkurangnya plasma nuftah
B.     alergi pada manusia
C.     tanaman berumur lebih pendek
D.     tanaman perlu diberi lebih banyak  pupuk
E.      berbagai tanaman bersifat seragam

Pura Pura nya ada ESSAY ye hehe

  1. Buatlah contoh perkawinan dihibrid yang lengkap  ,  Mangga besar  manis dominan dengan mangga kecil asam , Tentukan hasil  F1 nya   Jika antar F1 itu saling dikawinkan bagaiaman rasio fenotif dan genorif F2 nya   (10)
  2. Berikan contoh bukti  evolusi dengan penjelasan sehinga menjadi evolusi itu ada dari penjelasan anda (10)
  3. Jika di desa sunbang Bojonegoro  dihuni 10.000 penduduk , 9 % dari penduduknya menderita albino , tentukan orang normal yang homozygot dan heterozygotnya (10)