SOAL UJI KOMPETENSI GURU 2012 ( DRAFT)

Ini saya nemu di jalanan kayaknya baik kalau dibaca guru guru biologi se Nusantara setidaknya menambahkan wawasan guru biologi menjadi prima , semoga bermanfaat

  1. Menjelaskan hakikat biologi sebagai  ilmu
  2. Menerapkan langkah-langkah dalam metode ilmiah
  3. Disajikan suatu kasus, peserta  mampu menentukan variable pengamatan
  4. Menerapkan keterampilan proses  sains dalam mempelajari biologi permasalahan biologi pada berbagai  tingkat  organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan,  organ, individu, populasi, komu nitas , ekosistem, dan biosfer)
  5. Menganalisis ruang lingkup Biologi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
  6. Mencontohkan penerapan hukum biologi secara kuantitaif dan kualitatif dalam memecahkan permasalahan sehari-hari
  7. Menganalisis perbedaan virus dengan mahluk hidup lain
  8. Mengidentifikasi tahapan dalam replikasi  virus
  9. Menjelaskan peran  enzim dalam virus
  10. Menganalisis  peran virus dalam  kehidupan
  11. Menjelaskan perkembangbiakan paraseksual pada bakteri
  12. Mengidentifikasi  fungsi  endospora  pada bakteri
  13. Mencontohkan  bakteri-bakteri  penyebab penyakit
  14. Menidentifikasi ciri protozoa  patogen                          
  15. Menganalisis peran jamur bagi manusia   
  16. Menjelaskan faktor-faktor  yang mempengaruhi keanekaragaman       
  17. Mengidentifikasi tumbuhan dalam suatu takson              
  18. Mengidentifikasi macam-macam cara pemencaran tumbuhan
  19. Membedakan   karakteristik  monokotil dan dikotil
  20. Mengidentifikasi  ciri-ciri suatu jenis cacing  parasit      
  21. Menjelaskan komponen ekosistem yang berperan  sebagai  pengurai 
  22. Menganalisis akibat pencemaran  pada komponen ekosistem   
  23. Disajika grafik eksploitasi  SDA, peserta  mampu memprediksi  dampak yang akan terjadi 
  24. Menganalisis  gangguan yang  terjadi pada  suatu  ekosistem akibat  kerusakan lingkungan
  25. Menganalisis  struktur  DNA       
  26. Menganalisis jumlah kromosom pada sel kelamin 
  27. Menganalisis komposisi kromosom  dalam sel kelamin
  28. Menjelaskan  hubungan  antara DNA dan RNA 
  29. Menjelaskan urutan basa  nitrogen pada  RNA yang  dapat  terbentuk  dalam proses  transkripsi suatu DNA         
  30. Menganalisis  karakteristik  proses  pembelahan mitosis  dan  meiosis,     
  31. Menganalisis genotip dan fenotip  hasil  suatu  persilangan
  32. Menentukan jumlah gamet dalam suatu  individu dengan genotip tertentu
  33. Menjelaskan jenis jenis mutasi
  34. Menjelaskan prinsip dasar Bioteknologi
  35. Menjelaskan peran metode kultur jaringan dalam menghasilkan produk bioteknologi
  36. Menjelaskan peran enzim dalam rekayasa genetik
  37. Mengidentifikasi fungsi komponen kimiawi  dari membran sel
  38. Mengidentifikasi organel tertentu pada sel  tumbuhan
  39. Mampu menganalisis peristiwa  transpor membran melalui percobaan sederhana
  40. Menunjukkan enzim berdasarkan skema cara kerja  enzim       
  41. Mengemukakan hubungan antar sistem sirkulasi dengan sistem organ lainnya
  42. Mampu  menyimpulkan  data hasil percobaan sederhana  tentang osmosis
  43. Merasionalkan  fakta mengenai xylem dan floem terhadap fungsi dan mekanisme kerjanya 
  44. Merasionalkan  fakta  mengenai struktur bulu akar  terhadap  fungsi  penyerapan  air    
  45. Merasionalkan  fenomena  dalam pencangkokan  terhadap  fungsi  dari jaringan pembuluh
  46. Merasionalkan  fakta  hasil  uji  amilum terhadap  proses  pencernaan  enzimatis  di  mulut          
  47. Mengidentifikasi  macam-macam  jaringan  ikat
  48. Mengidentifikasi  jenis  hubungan  antar  tulang tengkorak
  49. Membedakan  sifat  kerja  pada otot- otot  antagonis
  50. Menjelaskan  peranan sinar  matahari  dalam  pembentukan   vitamin D  
  51. Menghitung  probabilitas  rasio  keturunan  dari kasus  golongan  darah
  52. Menjelaskan  penyebab  serangan jantung
  53. Menjelaskan ciri-ciri otot  jantung
  54. Mampu mengaitkan fungsi tracheal cartilage dalam proses  pernapasan 
  55. Mampu mengaitkan fungsi dari struktur rongga  hidung dalam proses  inspirasi 
  56. Mengurutkan saluran pencernaan pada manusia 
  57. Mengidentifikasi bagian saluran pencernaan pada ruminansia
  58. Menjelaskan proses  pembentukan urin primer
  59. Menjelaskan fungsi medula spinalis
  60. Mengidentifikasi fungsi alah satu komponen nutrisi  dari ASI
  61. Menjelaskan proses  aglutinasi darah
  62. Membedakan   variabel bebas dan terikat dalam sebuah eksperimen pertumbuhan
  63. Memprediksi pengaruh  penghilangan dominasi apikal  pada  tumbuhan
  64. Menganalisis pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan 
  65. Menganalisis pengaruh lingkungan terhadap fotosintesis dan respirasi
  66. Menjelaskan katabolisme lemak
  67. Membedakan teori evolusi  Lamarck dan Darwin
  68. Mengemukakan bukti baru mengenai teori evolusi
  69. Menentukan  variasi objek yang akan diamati pada eksperimen respirasi tumbuhan
  70. Menentukan parameter yang dapat diamati pada eksperimen respirasi              
  71. Menjelaskan fungsi kristal KOH dalam percobaan respirasi serangga menggunakan            respirometer    
APLIKASI SOAL


Soal Uji Kompetensi Guru Biologi SMA
1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara

    * A. melakukan pembelahan sel
    * B. mensintesis protein
    * C. menentukan fenotip
    * D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ….

    * A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
    * B. gen terdapat dalam kromosom
    * C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
    * D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh …..

    * A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
    * B. ikatan basa – gula – fosfat
    * C. jumlah basa yang menyusun DNA
    * D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah…….

    * A. nukleotida
    * B. nukleosida
    * C. nukleosom
    * D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab

    * A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
    * B. jumlah A = T, jumlah G = C
    * C. basa A + G = basa T + C
    * D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut ……

    * A. kromosom metasentrik
    * B. kromosom sub meta sentrik
    * C. kromosom akrosentrik
    * D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah

    * A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
    * B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
    * C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
    * D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah….

    * A. centromer
    * B. lengan
    * C. telomer
    * D. kromatin

9. Yang dimaksud genom adalah

    * A. seluruh DNA yang dimiliki individu
    * B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
    * C. DNA yang ada di dalam sel soma
    * D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ……..

    * A. kromosom – kromatin – gen – DNA
    * B. DNA – gen – kromatin – krom osom
    * C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
    * D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA II. Soal Essai

11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk

    * A. kromosom
    * B. RNA
    * C. DNA
    * D. DNA dan RNA

12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA

    * A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
    * B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
    * C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
    * D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen

13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti

    * A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
    * B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pita DNA baru
    * C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
    * D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling

14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ……..

    * A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
    * B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
    * C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
    * D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yang ditranskrip akan memiliki urutan basa …

    * A. TTC CGG AAG ACG
    * B. AAG GCC TTC TGC
    * C. UUC CGG UUC ACG
    * D. TTC GCC AAC TCG

16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali

    * A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
    * B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
    * C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
    * D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen

17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali

    * A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
    * B. RNAm ditransfer keluar dari inti
    * C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
    * D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar

18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung ?

    * A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
    * B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
    * C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
    * D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma

19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab

    * A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
    * B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
    * C. terbentuk fragmen okazaki
    * D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses…

    * A. pembelahan sel
    * B. replikasi
    * C. transkripsi
    * D. translasi

21. Yang dimaksud mutasi adalah………

    * A. perubahan sifat pada makhluk hidup
    * B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
    * C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
    * D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi

22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yang timbul karena mutasi yang diinduksi

    * A. penyakit kanker kulit
    * B. kelainan hemoglobin
    * C. semangka tidak berbiji
    * D. varietas padi unggul

23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah …..

    * A. sinar alfa
    * B. neutron
    * C. asam nitrat
    * D. sinar ultra violet

24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi……

    * A. mutasi salah arti (missens mutation)
    * B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
    * C. mutasi insersi
    * D. mutasi semu (silent mutation)

25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi

    * A. AG CT     
    * B. AT GC
    * C. AT CG
    * D. GC AT

26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2

    * A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
    * B. deamionasi citosin menjadi xantin
    * C. perubahan AG menjadi TC
    * D. perubahan Timin menjadi urasil

27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer ?

    * A. ion radioaktif
    * B. sinar ultra violet
    * C. sinar infra merah
    * D. sinar X

28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah…..

    * A. mutasi silent
    * B. mutasi nonsens
    * C. mutasi missens
    * D. mutasi frameshift

29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi. Berikut ini mana pernyataan yang tidak benar

    * A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
    * B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
    * C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
    * D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet

    * A. kanker hati
    * B. kanker kulit
    * C. eritrosit bentuk sel sa

KALAU ADA JAWABAN YANG KURANG TEPAT mohon diberitahu hehehe