- Menjelaskan hakikat biologi sebagai ilmu
- Menerapkan langkah-langkah dalam metode ilmiah
- Disajikan suatu kasus, peserta mampu menentukan variable pengamatan
- Menerapkan keterampilan proses sains dalam mempelajari biologi permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komu nitas , ekosistem, dan biosfer)
- Menganalisis ruang lingkup Biologi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
- Mencontohkan penerapan hukum biologi secara kuantitaif dan kualitatif dalam memecahkan permasalahan sehari-hari
- Menganalisis perbedaan virus dengan mahluk hidup lain
- Mengidentifikasi tahapan dalam replikasi virus
- Menjelaskan peran enzim dalam virus
- Menganalisis peran virus dalam kehidupan
- Menjelaskan perkembangbiakan paraseksual pada bakteri
- Mengidentifikasi fungsi endospora pada bakteri
- Mencontohkan bakteri-bakteri penyebab penyakit
- Menidentifikasi ciri protozoa patogen
- Menganalisis peran jamur bagi manusia
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman
- Mengidentifikasi tumbuhan dalam suatu takson
- Mengidentifikasi macam-macam cara pemencaran tumbuhan
- Membedakan karakteristik monokotil dan dikotil
- Mengidentifikasi ciri-ciri suatu jenis cacing parasit
- Menjelaskan komponen ekosistem yang berperan sebagai pengurai
- Menganalisis akibat pencemaran pada komponen ekosistem
- Disajika grafik eksploitasi SDA, peserta mampu memprediksi dampak yang akan terjadi
- Menganalisis gangguan yang terjadi pada suatu ekosistem akibat kerusakan lingkungan
- Menganalisis struktur DNA
- Menganalisis jumlah kromosom pada sel kelamin
- Menganalisis komposisi kromosom dalam sel kelamin
- Menjelaskan hubungan antara DNA dan RNA
- Menjelaskan urutan basa nitrogen pada RNA yang dapat terbentuk dalam proses transkripsi suatu DNA
- Menganalisis karakteristik proses pembelahan mitosis dan meiosis,
- Menganalisis genotip dan fenotip hasil suatu persilangan
- Menentukan jumlah gamet dalam suatu individu dengan genotip tertentu
- Menjelaskan jenis jenis mutasi
- Menjelaskan prinsip dasar Bioteknologi
- Menjelaskan peran metode kultur jaringan dalam menghasilkan produk bioteknologi
- Menjelaskan peran enzim dalam rekayasa genetik
- Mengidentifikasi fungsi komponen kimiawi dari membran sel
- Mengidentifikasi organel tertentu pada sel tumbuhan
- Mampu menganalisis peristiwa transpor membran melalui percobaan sederhana
- Menunjukkan enzim berdasarkan skema cara kerja enzim
- Mengemukakan hubungan antar sistem sirkulasi dengan sistem organ lainnya
- Mampu menyimpulkan data hasil percobaan sederhana tentang osmosis
- Merasionalkan fakta mengenai xylem dan floem terhadap fungsi dan mekanisme kerjanya
- Merasionalkan fakta mengenai struktur bulu akar terhadap fungsi penyerapan air
- Merasionalkan fenomena dalam pencangkokan terhadap fungsi dari jaringan pembuluh
- Merasionalkan fakta hasil uji amilum terhadap proses pencernaan enzimatis di mulut
- Mengidentifikasi macam-macam jaringan ikat
- Mengidentifikasi jenis hubungan antar tulang tengkorak
- Membedakan sifat kerja pada otot- otot antagonis
- Menjelaskan peranan sinar matahari dalam pembentukan vitamin D
- Menghitung probabilitas rasio keturunan dari kasus golongan darah
- Menjelaskan penyebab serangan jantung
- Menjelaskan ciri-ciri otot jantung
- Mampu mengaitkan fungsi tracheal cartilage dalam proses pernapasan
- Mampu mengaitkan fungsi dari struktur rongga hidung dalam proses inspirasi
- Mengurutkan saluran pencernaan pada manusia
- Mengidentifikasi bagian saluran pencernaan pada ruminansia
- Menjelaskan proses pembentukan urin primer
- Menjelaskan fungsi medula spinalis
- Mengidentifikasi fungsi alah satu komponen nutrisi dari ASI
- Menjelaskan proses aglutinasi darah
- Membedakan variabel bebas dan terikat dalam sebuah eksperimen pertumbuhan
- Memprediksi pengaruh penghilangan dominasi apikal pada tumbuhan
- Menganalisis pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan
- Menganalisis pengaruh lingkungan terhadap fotosintesis dan respirasi
- Menjelaskan katabolisme lemak
- Membedakan teori evolusi Lamarck dan Darwin
- Mengemukakan bukti baru mengenai teori evolusi
- Menentukan variasi objek yang akan diamati pada eksperimen respirasi tumbuhan
- Menentukan parameter yang dapat diamati pada eksperimen respirasi
- Menjelaskan fungsi kristal KOH dalam percobaan respirasi serangga menggunakan respirometer
Soal Uji Kompetensi Guru Biologi SMA
1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
* A. melakukan pembelahan sel
* B. mensintesis protein
* C. menentukan fenotip
* D. menentukan genotip
2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ….
* A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
* B. gen terdapat dalam kromosom
* C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
* D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup
3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh …..
* A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
* B. ikatan basa – gula – fosfat
* C. jumlah basa yang menyusun DNA
* D. nukleotida penyusun DNA
4. Unit terkecil dari DNA adalah…….
* A. nukleotida
* B. nukleosida
* C. nukleosom
* D. nukleoid
5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
* A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
* B. jumlah A = T, jumlah G = C
* C. basa A + G = basa T + C
* D. semua jawaban benar
6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut ……
* A. kromosom metasentrik
* B. kromosom sub meta sentrik
* C. kromosom akrosentrik
* D. kromosom telosentrik
7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
* A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
* B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
* C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
* D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki
8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah….
* A. centromer
* B. lengan
* C. telomer
* D. kromatin
9. Yang dimaksud genom adalah
* A. seluruh DNA yang dimiliki individu
* B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
* C. DNA yang ada di dalam sel soma
* D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid
10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ……..
* A. kromosom – kromatin – gen – DNA
* B. DNA – gen – kromatin – krom osom
* C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
* D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA II. Soal Essai
11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk
* A. kromosom
* B. RNA
* C. DNA
* D. DNA dan RNA
12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA
* A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
* B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
* C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
* D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen
13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
* A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
* B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pita DNA baru
* C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
* D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling
14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ……..
* A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
* B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
* C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
* D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase
15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yang ditranskrip akan memiliki urutan basa …
* A. TTC CGG AAG ACG
* B. AAG GCC TTC TGC
* C. UUC CGG UUC ACG
* D. TTC GCC AAC TCG
16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali
* A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
* B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
* C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
* D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen
17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali
* A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
* B. RNAm ditransfer keluar dari inti
* C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
* D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar
18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung ?
* A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
* B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
* C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
* D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma
19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab
* A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
* B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
* C. terbentuk fragmen okazaki
* D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase
20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses…
* A. pembelahan sel
* B. replikasi
* C. transkripsi
* D. translasi
21. Yang dimaksud mutasi adalah………
* A. perubahan sifat pada makhluk hidup
* B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
* C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
* D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi
22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yang timbul karena mutasi yang diinduksi
* A. penyakit kanker kulit
* B. kelainan hemoglobin
* C. semangka tidak berbiji
* D. varietas padi unggul
23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah …..
* A. sinar alfa
* B. neutron
* C. asam nitrat
* D. sinar ultra violet
24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi……
* A. mutasi salah arti (missens mutation)
* B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
* C. mutasi insersi
* D. mutasi semu (silent mutation)
25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi
* A. AG CT
* B. AT GC
* C. AT CG
* D. GC AT
26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2
* A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
* B. deamionasi citosin menjadi xantin
* C. perubahan AG menjadi TC
* D. perubahan Timin menjadi urasil
27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer ?
* A. ion radioaktif
* B. sinar ultra violet
* C. sinar infra merah
* D. sinar X
28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah…..
* A. mutasi silent
* B. mutasi nonsens
* C. mutasi missens
* D. mutasi frameshift
29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi. Berikut ini mana pernyataan yang tidak benar
* A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
* B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
* C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
* D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)
30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet
* A. kanker hati
* B. kanker kulit
* C. eritrosit bentuk sel sa
KALAU ADA JAWABAN YANG KURANG TEPAT mohon diberitahu hehehe
KALAU ADA JAWABAN YANG KURANG TEPAT mohon diberitahu hehehe